Cara Cicil Emas di Bank Syariah Mandiri 2021 dan Persyaratannya

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 20 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Layanan Cicil Emas Bank Syariah Mandiri bisa digunakan untuk memiliki Logam Mulia Antam dengan cara mencicil.
tirto.id - Investasi emas menjadi pilihan yang cukup diminati saat ini. Pasalnya, harga emas cenderung stabil. Selama ini, emas tidak terpengaruh oleh tingkat inflasi. Mau setinggi apa pun inflasinya, harga emas akan mengikuti. Untuk itulah, investasi emas cocok dipakai untuk keperluan jangka panjang.

Contoh penggunaannya cukup beragam seperti untuk tabungan pendidikan anak di saat mereka waktunya bersekolah. Emas juga kerap dipakai sebagai tabungan haji. Terakhir, emas sangat likuid dijadikan harta cadangan yang mudah sekali dijual.

Untuk bisa memiliki emas murni atau logam mulia berkadar 99,99 persen saat ini juga semakin mudah. Jika tidak memiliki duit tunai, kini mulai banyak lembaga yang menyediakan pembelian emas dengan cicilan. Salah satunya adalah produk Cicil Emas Bank Syariah Mandiri (BSM).

Mengutip laman BSM Emas, produk ini merupakan fasilitas untuk pembiayaan kepemilikan emas Logam Mulia Antam. Saat angsuran sudah menyukupi harga beli Logam Mulia, maka nasabah bisa mendapatkan emas batang sesuai kesepakatan. BSM menjamin Logam Mulia yang ditawarkan telah bersertifikat Antam alias asli.

Bagi para nasabah yang ingin menyicil emas, bank akan mengikatkan diri dengan mereka melalui akad murabahah (jual beli) dan akad rahn (gadai). Pembiayaannya memakai akad murabahah, dan pengikatan agunannya menerapkan akad rahn.

Jangka waktu cicilan yang ditawarkan yaitu dua sampai lima tahun yang dapat diangsur per bulan. Kekurangan cicilan dapat dilunasi setelah angsuran berjalan minimal satu tahun. Di samping itu, nasabah juga harus memberikan uang muka minimal 20 persen dalam transaksi ini.

Sementara itu, mengutip dari laman Mandiri Syariah, uang muka tersebut harus dibayar tunai oleh nasabah dengan uang sendiri dan bukan dari pembiayaan. Jika persyaratan disetujui BSM maka nasabah bisa memperoleh pembiayaan maksimal 80 persen dari harga perolehan emas batangan. Penentuan harga perolehan emas ditentukan saat akad.

Dalam akad ini, jaminan dalam transaksi ini adalah barang yang menjadi objek pembiayaan atau emas batang. Jaminan ini tidak bisa ditukarkan dengan jenis barang lain. Selama nasabah masih terikat dengan pembiayaan dan belum lunas angsuran, maka fisik dari Logam Mulia Antam akan disimpan di bank selama masa pembiayaan.

Namun, BSM menerapkan batas minimal untuk pembiayaan Cicil Emas. Logam Mulia Antam yang bisa dicicil untuk nominal minimal 10 gram.

Pelayanan Cicil Emas dilakukan melalui kantor Bank Syariah Mandiri. Untuk dapat menggunakan layanan Cicil Emas Bank Syariah Mandiri, persyaratannya adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah cukup umur
  • Pegawai dengan minimal usia 21 tahun sampai maksimal 55 tahun
  • Pensiunan berusia maksimal 70 tahun pada saat pembiayaan jatuh tempo
  • Profesional dan wiraswasta berusia maksimal 60 tahun
  • Menyerahkan kartu identitas (KTP).

Baca juga artikel terkait INVESTASI EMAS atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Bisnis)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom
DarkLight