Cara Check-in Online Wings Air Melalui Website

Oleh: Yonada Nancy - 5 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Untuk dapat melakukan check-in online, penumpang Wings Air perlu mengakses website resmi maksapai tersebut dari berbagai perangkat, baik smartphone, laptop, komputer, maupun tablet.
tirto.id - Berbeda dengan beberapa tahun silam, melakukan check-in maskapai saat ini bisa dilakukan dengan online.

Tentu hal ini dapat menghemat waktu, apalagi jika penumpang tidak punya banyak waktu untuk check-in di konter yang ada di Bandara.

Belum lagi harus berurusan dengan antrean yang mengular pada periode tertentu, seperti saat musim liburan. Untungnya, saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan fasilitas check-in online, salah satunya Wings Air.

Maskapai yang masih berada di bawah naungan Lion Grop ini, merupakan satu dari beberapa maskapai yang populer dikalangan masyarakat Indonesia.

Selain pilihan rutenya beragam, harga tiket Wings Air cenderung lebih murah dibanding maskapai-maskapai lainnya.

Untuk dapat melakukan check-in online, penumpang Wings Air perlu mengakses website resmi maksapai tersebut dari berbagai perangkat, baik smartphone, laptop, komputer, maupun tablet. Setelah itu, barulah proses check-in online bisa dilakukan.

Berikut langkah-langkah check-in online untuk penumpang Wings Air:

1. Membuka website check-in online Wings Air. Untuk menyesuaikan dengan preferensi bahasa masing-masing, calon penumpang dapat mengubah penggunaan bahasa di website dengan bahasa yang diinginkan (Inggris atau Indonesia) yang berada di kanan atas header website

2. Mengisi data sesuai dengan tiket yang sudah dibeli, termasuk nama belakang, kode booking (booking reference), nomor penerbangan (flight number), dan bandara pemberangkatan (departure airport). Setelah seluruh data terisi, klik "search" atau "pencarian data"

3. Setelah itu, penumpang akan terhubung pada layanan informasi fasilitas tambahan dan ketentuan keselamatan selama penerbangan, termasuk apakah barang bawaan penumpang tidak berbahaya dan layak terbang.

Jika penumpang tidak memerlukan fasilitas tambahan dan sudah yakin dengan ketentuan keselamatan, klik "no, continue check in" atau "tidak, lanjutkan masuk"

4. Selanjutnya penumpang akan mendapatkan rincinan penerbangan, termasuk nomor penerbangan, jam keberangkatan, perkiraan waktu tiba di bandara tujuan.

Pada halaman ini, penumpang dapat memilih tempat duduk dengan meng-klik "Personalize Your Flight" lalu pilih tempat duduk yang diinginkan. Simbol berwarna merah artinya kursi sudah terisi penumpang lain, sedangkan hijau artinya kursi masih kosong. Setelah tempat duduk dipilih klik "return" atau "kembali"

5. Terakhir, setelah meng-klik tombol "check-in" penumpang akan menerima boarding pass. Penumpang bebas memilih untuk langsung mencetak boarding pass tersebut atau tetap dalam bentuk PDF yang akan dikirimkan melalui email.




Baca juga artikel terkait MASKAPAI PENERBANGAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight