Cara Cegah Kapasitas Memori Internal Smartphone Cepat Penuh

Oleh: Yonada Nancy - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara mencegah memori internal smartphone cepat penuh: sortir aplikasi dan bersihkan cache.
tirto.id - Memori penuh sudah menjadi permasalahan pengguna perangkat digital. Masalah memori penuh ini juga kerap ditemui pada pengguna smartphone.

Beragam jenis aplikasi di smartphone membuat pengguna tergoda untuk mengunduhnya. Terlalu banyak aplikasi bisa jadi salah satu penyebab memori internal penuh dan menyebabkan ponsel "lemot".

Meskipun begitu memori penuh tidak hanya disebabkan oleh aplikasi. Terlalu banyak menyimpan file seperti foto, video, audio, hingga cache menjadi rentetan penyebab memori penuh. Ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk menghemat ruang di smartphone.

1. Hapus file yang sudah tidak digunakan

File yang jarang digunakan atau bahkan tidak pernah terpakai sama sekali sering menjadi penyebab memori penuh. File-file yang dimaksud termasuk dokumen, foto, video, atau audio.

Keberadaan file-file ini sering tidak disadari, tetapi jumlahnya makin bertambah dan lama-lama menumpuk sehingga memenuhi memori.

Luangkan waktu untuk menyortir mana file yang dibutuhkan dan mana yang tidak. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi, hapus aplikasi yang dirasa sudah tidak lagi digunakan.

2. Batasi ukuran foto dan video

Memiliki ponsel dengan fitur HDR, 4K, dan 60fps memang luar biasa. Sayangnya kebutuhan memori untuk kualitas foto maupun video yang tinggi tentu memerlukan penyimpanan yang tidak sedikit.

Pertimbangkan untuk mengubah pengaturan default kamera menjadi 1080p, 30fps atau kompresi yang lebih tinggi pada saat mengambil gambar di pencahayaan baik. Tingkatkan ketajaman hanya untuk menangkap momen-momen khusus saja.

3. Aktifkan izin update aplikasi

Beberapa aplikasi versi terbaru memiliki ukuran yang lebih besar dibanding versi lamanya, sehingga sangat mungkin mengambil lebih banyak ruang penyimpanan apabila mengalami update.

Ada beberapa aplikasi yang fungsinya tidak jauh berbeda meskipun tanpa update. Mengaktifkan izin update aplikasi dapat meminimalisir smartphone meng-update otomatis aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan. Cara mengaktifkan izin update aplikasi dalam smartphone android adalah dengan:
  • Buka aplikasi Play Store.
  • Klik Settings.
  • Pada pengaturan Auto-update apps, pilih perintah Don't auto-update apps.
4. Manfaatkan cloud

Cloud merupakan penyimpanan digital yang dapat diakses dengan koneksi internet. Cloud dapat digunakan dengan gratis dan berbayar. Beberapa jenis cloud yang paling terkenal saat ini antara lain Google Drive, Dopbox, dan OneDrive.

Penggunaan cloud ini dapat dimaksimalkan untuk mengurangi jumlah penyimpanan dalam smartphone. Selain dapat mengatur pemakaian memori dengan lebih baik, akses cloud dianggap lebih praktis karena file yang disimpan di dalamnya dapat dibuka di berbagai perangkat terpisah selama terhubung dengan internet.

5. Rajin bersihkan cache

Cache merupakan file repository yang berfungsi untuk mempercepat penggunaan file maupun aplikasi dalam perangkat. Meskipun fungsinya menguntungkan, cache memiliki efek lain yakni menyebabkan ruang memori berkurang.

Beberapa cache yang besar bahkan dapat memakan hingga gigabytes. Maka dari itu, rajin membersihkan cache efektif dapat memberikan ruang bagi smartphone untuk bekerja secara maksimal.


Baca juga artikel terkait TIPS SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight