Cara Aman Mengonsumsi Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh Selama Puasa

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 4 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ketahui cara aman mengonsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.
tirto.id - Menjalankan ibadah puasa Ramadhan di masa pandemi seperti sekarang ini, tubuh memerlukan sejumlah asupan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Salah satu jenis vitamin yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi serangan virus penyebab penyakit yaitu vitamin C.

Dikutip dari laman Dinas Kesehatan Kota Madiun, vitamin C berfungsi sebagai pelindung terhadap sel-sel tubuh dari virus. Selain itu, vitamin C merupakan zat yang diperlukan beberapa bagian tubuh seperti pembuluh darah, tulang rawan, dan otot.

Bagaimana sebaiknya mengonsumsi vitamin C?


Beberapa orang mengonsumsi vitamin C secara berlebihan. Hal ini tentunya akan berdampak bagi tubuh, apalagi untuk jangka panjang.

Menurut Mayoclinic, jumlah vitamin C harian untuk orang dewasa yang direkomendasikan adalah 65 hingga 90 miligram (mg) sehari, dan batas atas adalah 2.000 mg sehari.

Mengonsumsi suplemen vitamin C secara berlebihan dapat menyebabkan
nyeri uluh hati, insomnia, diare, mual, muntah, maag, kram perut, dan sakit kepala.

Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan vitamin C bagi tubuh sebaiknya sesuai dengan anjuran dan takaran yang cukup dari dokter.

Asupan vitamin C untuk pemenuhan kebutuhan tubuh bisa diperoleh dari produk-produk medis, seperti suplemen.

Dilansir dari Healthline, saat mencari suplemen vitamin C, Anda mungkin melihat nutrisi dalam beberapa bentuk berbeda, seperti: asam askorbat mineral askorbat, seperti natrium askorbat dan kalsium askorbat asam askorbat dengan bioflavonoid.

Memilih suplemen dengan asam askorbat biasanya merupakan pilihan yang baik, karena memiliki tingkat ketersediaan hayati yang tinggi, yang berarti tubuh Anda menyerapnya dengan mudah.

Selain itu, mengingat sebagian besar multivitamin mengandung asam askorbat, memilih multivitamin tidak hanya akan meningkatkan asupan vitamin C Anda tetapi juga asupan nutrisi lainnya.

Untuk memastikan Anda menerima jumlah vitamin C yang cukup dari suplemen yang Anda pilih, carilah suplemen yang menyediakan antara 45–120 mg vitamin ini tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Vitamin C juga dapat ditemukan di dalam sumber makanan alami seperti buah dan sayur. Adapun contoh buah dan sayur yang mengandung vitamin C seperti, strawberry (53 mg), lemon (53 mg), jeruk (61.5 mg) pepaya (62 mg), brokoli (75 mg), dan jambu biji (184 mg).


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight