Cara Agar Game di PC Spek Rendah & Laptop Non-Gaming Berjalan Mulus

Oleh: Adrian Samudro - 9 Oktober 2019
Tips untuk game PC agar mulus dimainkan di komputer dengan spesifikasi rendah atau laptop non-gaming.
tirto.id - Gamer seringkali mengalami kendala untuk memainkan game PC di komputer dengan spesifikasi rendah atau laptop non-gaming.

Hal ini biasanya disebabkan oleh spesifikasi game PC yang membutuhkan perangkat hardware tinggi untuk mendukung tampilan game yang lebih baik dan realistis.

Meski begitu, dalam sebuah uji coba yang dilakukan CNET, beberapa game PC masih dapat dimainkan dengan lancar hanya dengan bermodalkan CPU Intel Core i5 generasi 7 dan kartu grafis Intel HD 620.

Dengan catatan bahwa resolusi permainan harus disesuaikan dengan kinerja laptop masing-masing. Oleh karena itu, kualitas tampilan yang dihasilkan pun tidak akan sebagus laptop gaming pada umumnya.

Sementara itu, para pengguna juga disarankan untuk memerhatikan hal penting yang salah satunya adalah memastikan RAM di laptop sesuai dengan spesifikasi yang tertera dalam kebutuhan game PC tersebut.

Spesifikasi ini dapat diakses melalui situs resmi delevoper game terkait atau juga bisa dengan mengakses sejumlah platform seperti Steam dan Epic Games Store.

Kemudian perlu diingat bahwa game PC membutuhkan daya yang lebih banyak dan tentunya akan menguras baterai laptop non-gaming lebih cepat daripada biasanya.

Jadi pastikan Anda selalu menyiapkan pengisi daya atau charger laptop jikalau laptop yang dipakai bermain game hampir mati akibat kekurangan daya.

Selain itu, penggunaan mouse juga menjadi aspek penting untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan selama bermain game di laptop. Cukup dengan mouse standar tak perlu yang mahal asal dapat digunakan selayaknya.

Dan yang terakhir jangan lupa untuk meminimalisir semua tampilan di laptop agar tidak memberatkan jalannya game yang akan dimainkan.

Pastikan juga tidak membuka aplikasi lain ketika sedang menjalankan game PC di laptop tersebut, demikian ditulis Tech Radar.


Baca juga artikel terkait GAME atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight