PON XX Papua

Cabor Esports PON Papua 2021 Ada Free Fire, Mobile Legends, dan PES

Oleh: Ibnu Azis - 19 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Siapa saja berhak mengikuti cabor esports PON Papua 2021 mewakili provinsi. Bagaimana caranya? Berikut teknis penyelenggaraannya.
tirto.id - Free Fire, Mobile Legends, dan eFootball PES 2021 akan dipertandingkan dalam cabor esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 meski statusnya sebatas ekshibisi.

"Kami bangga bahwa esports bisa dipertandingkan secara ekshibisi sehingga pada PON berikutnya 2024 di Sumatera Utara dan Aceh, esports sudah berhak untuk menjadi cabang olahraga yang resmi dipertandingkan," kata Sekretaris Jenderal Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Ade Lukman, dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/8/2021), seperti dikutip dari Antara.

Ketiga game tersebut dipilih untuk mewakili tiga genre, yaitu MOBA (Free Fire) yang terdiri dari dua tim dalam arena pertarungan, battle royale (Mobile Legends) yang melibatkan banyak pemain dan memadukan elemen bertahan hidup dan eksplorasi, serta sepak bola (eFootball PES 2021).

Sebagai langkah awal, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) merilis platform digital khusus Garudaku yang akan digunakan mulai dari proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan.

Adapun jadwal pertandingan cabor esports di PON XX Papua dimulai pada 22 September 2021. Esports menjadi salah satu cabor dari 10 cabor yang akan mengikuti eksibisi PON Papua.


Teknis Penyelenggaraan

Nomor pertandingan battle royale dan MOBA akan dilakukan secara beregu dan tim pada platform mobile, sedangkan nomor sepak bola dilakukan baik secara perorangan maupun ganda pada platform konsol.

Calon peserta harus mendaftarkan diri di platform Garudaku. Tahap pendaftaran dibuka mulai 18 Agustus 2021. Peserta yang ikut harus mewakili daerah masing-masing sesuai dengan daerah domisili di KTP atau KIA (Kartu Identitas Anak).

Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya adalah babak kualifikasi yang akan diselenggarakan 26 Agustus-5 September 2021. Khusus untuk eFootball PES 2021 akan dibagi menjadi enam grup, yaitu sebagai berikut:

  • Grup A: DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur
  • Grup B: Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara
  • Grup C: Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara
  • Grup D: Kepulauan Babel, Banten, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Papua Barat
  • Grup E: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, dan Jambi
  • Grup F: Kepulauan Riau, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Bengkulu, dan Lampung

Babak kualifikasi provinsi bersifat terbuka dan digelar secara virtual. Pada babak ini, akan dicari satu atlet atau tim terbaik dari masing-masing kategori. Sehingga, akan didapat 34 perwakilan tim dari masing-masing cabang game.

Atlet atau tim terbaik di setiap provinsi nantinya akan bertanding di ajang Pra-PON yang akan dilangsungkan pada 7-14 September 2021.

Berikut jadwal dan tahapan selengkapnya:

  • Pendaftaran: 18 Agustus 2021 (Pendaftaran Kualifikasi)
  • Kualifikasi Provinsi: 25 Agustus-5 September 2021 (11 hari)
  • PRA-PON: 7-14 September 2021 (8 hari)
  • Final PON XX Papua: 22-26 September 2021 (5 hari)

Pertandingan cabor esports PON XX Papua 2021 akan berlangsung di Lapangan Hoki & Kriket, Doyobaru, Jayapura. Sebanyak 34 tim perwakilan provinsi akan memperebutkan slot ke PON, yaitu 11 tim Free Fire, 5 orang pemain eFootball PES 2021, dan 5 tim Mobile Legends.


Baca juga artikel terkait PON PAPUA 2021 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Ibnu Azis
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight