STOP PRESS! Setya Novanto Dijebloskan ke Rutan KPK

Bupati Batubara Terjaring OTT KPK di Sumatera Utara

Bupati Batubara Terjaring OTT KPK di Sumatera Utara
Komisi Pemberantasan Korupsi. tirto/tf subarkah.
tirto.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan aksi operasi tangkap tangan (OTT), Rabu (13/9/2017) yang diduga melibatkan Bupati Batubara, Sumatera Utara OK AZ.

"Iya (ada OTT terhadap Bupati Batubara), tunggu konpers besok [Kamis,14/9] pagi," kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi, Rabu (13/9).

Namun Agus belum mau merinci siapa saja pihak-pihak yang turut ditangkap, termasuk kasus yang menyebabkan OTT.

Senada dengan Agus, Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah membenarkan ada operasi tangkap tangan di Sumatera Utara. KPK pun sudah mengamankan sejumlah orang.

"Tim KPK sejauh ini mengamankan sekitar 7 orang di sana," ujar Febri saat dikonfirmasi Tirto, Rabu (13/9).

Sampai saat ini ketujuh orang itu sudah dibawa ke Polda Sumut. Ia menerangkan, ada unsur pejabat daerah seperti kepala dinas dan ada unsur swasta yang turut diamankan.

Dalam OTT itu, KPK juga mengamankan sejumlah uang. Diduga, uang tersebut terkait dengan penerimaan hadiah atau janji.

Setelah ini, tim akan membawa ketujuh orang itu ke kantor KPK di Jakarta untuk tindakan lebih lanjut. KPK punya waktu sekitar 24 jam untuk menentukan status hukum ketujuh orang itu.

"Informasi lebih rinci akan kita sampaikan besok pada saat konferensi pers, kita akan sampaikan juga persisnya siapa yang ditetapkan sebagai tersangka, atau siapa yang statusnya sebagai saksi dan kasusnya terkait dengan apa," ujar Febri.

Baca juga artikel terkait OTT KPK atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - thr/ale)

Keyword