BUMN akan Buka 11.000 Lowongan Kerja dari Maret hingga April 2019

Oleh: Hendra Friana - 5 Maret 2019
Kementerian BUMN akan membuka lowongan kerja untuk sekitar 11.000 tenaga dari Maret hingga April 2019.
tirto.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka lowongan untuk 11 ribu tenaga kerja tanah air sepanjang pada pertengahan Maret hingga akhir April mendatang. Rekrutmen besar-besaran itu dilakukan dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN tahun ini.

Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo mengatakan, lowongan itu akan tersedia di beberapa perusahaan plat merah yang merayakan ulang tahun pada bulan yang bersamaan dengan HUT Kementerian BUMN.

Namun, ia belum memaparkan secara rinci BUMN apa saja yang akan membuka lowongan dan berapa masing-masing kuota tiap perusahaan.

"Ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja baru terutama yang fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman," katanya di Kementerian BUMN, kemarin, Senin (4/2/2019).

Selain itu, kata Wahyu, seribu dari total sebelas ribuan lowongan akan dialokasikan khusus untuk para penyandang disabilitas. Sehingga, kata dia, mereka bisa tetap bersaing dan terserap dalam dunia kerja.

"Yang memiliki penyandang disabilitas targetnya 1.000 perguruan tinggi yang alami disabilitas," imbuh Wahyu.

BUMN juga mengadakan program Padat Karya Tunai, yang akan melibatkan para milenial perusahaan-perusahaan milik negara di 35 lokasi di berbagai wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Program untuk 1 juta man hours ini meliputi aktivitas bersih-bersih lingkungan, penghijauan, perbaikan sarana ibadah dan umum termasuk normalisasi saluran air, pengerasan jalan, renovasi sekolah dan digitalisasi kampung.


Baca juga artikel terkait LOWONGAN KERJA BUMN atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri
DarkLight