Menuju konten utama

Buka Harkonas 2019, Ridwan Kamil Harap Konsumen Cerdas Bertransaksi

Ridwan Kamil berharap konsumen lebih cerdas dalam bertransaksi barang maupun jasa, karena itu edukasi harus lebih ditingkatkan agar konsumen paham hak dan kewajibanya.

Buka Harkonas 2019, Ridwan Kamil Harap Konsumen Cerdas Bertransaksi
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito (kiri) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) dan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono (kedua kiri) meninjau stan pameran saat peringatan Hari Konsumen Nasional di halaman Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/3/2019). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pd.

tirto.id - Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun ini memiliki berbagai agenda, salah satunya adalah pameran yang diselenggarakan di lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat.

Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka pameran berharap agar komsumen yang hadir bisa memahami hak dan kewajibannya sehingga bisa menjadi konsumen cerdas.

"Pameran yang diselenggarakan dalam rangka Harkonas ini sangat baik untuk konsumen yang hadir dalam pameran ini, penting untuk konsumen memahami haknya dan kewajibanya agar konsumen lebih cerdas dalam bertransaksi barang maupun jasa, oleh karena itu edukasi harus lebih ditingkatkan lagi agar konsumen juga bisa paham apa itu hak dan kewajibanya", kata Ridwan Kamil.

Ketua BPKN Ardiansyah yang juga hadir pada acara pembukaan itu menambahkan pameran tersebut merupakan kerjasama antara Direktorat Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Pemprov Jabar.

Menurut Ardiansyah tujuan BPKN mengikuti pameran tahun ini untuk mengedukasi seluruh pemangku kepentingan bahwa peran masing-masing pemangku kepentingan sangat vital terhadap keberhasilan perlindungan konsumen di indonesia.

"Melalui serangkaian edukasi yang telah dilakukan dalam rangka Harkonas, harapannya konsumen lebih berdaya, pelaku usaha lebih bertangging jawab, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bisa lebih gencar melakukan pengawasan dalam rangka perlindungan konsumen, serta lembaga perlindungan konsumen bisa mendampingi dan mengadvokasi konsumen dalam rangka memenuhi hak haknya", pungkas Ardiansyah.

Arief Safari, Koordinator Komisi Komunikasi dan Edukasi menyampaikan, bahwa pihaknya juga telah melakukan edukasi pada 12 maret 2019 lalu di beberapa universitas di Bandung dan diikuti lebih dari 1000 peserta.

"Edukasi juga telah dilakukan oleh BPKN merupakan salah satu rangkaian Harkonas, edukasi tersebut diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, telah diselenggarakan di 11 Perguruan Tinggi di kota Bandung dan dihadiri lebih dari 1,600 lebih peserta, yang telah diverifikasi untuk memecahkan rekor MURI".

Pameran Harkonas tahun ini yang mengangkat tema edukasi perlindungan konsumen dan dibagi menjadi sembilan zona. Pembagian zona disesuaikan dengan sembilan sektor prioritas.

Pameran ini juga menampilkan 90 stan yang terdiri dari 60 stan pelayanan pengaduan komsumen dan 30 stan produk unggulan usaha kecil, mikro, dan menengah Jawa Barat.

Sementara peserta pameran berasal dari instansi pemerintahan, pelaku usaha, dan asosiasi.

Baca juga artikel terkait KONSUMEN atau tulisan lainnya dari Nur Hidayah Perwitasari

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Maya Saputri