BTS Masuk Nominasi Grammy 2021 Pertama Kali dengan Lagu Dynamite

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 25 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
BTS masuk nominasi Grammy 2021 untuk pertama kalinya dengan lagu "Dynamite".
tirto.id - BTS secara resmi masuk nominasi Grammy 2021 menurut pengumuman Recording Academy pada Selasa (24/11/2020) waktu setempat. Ini merupakan nominasi penghargaan pertama bagi BTS di Grammy.

Hit sukses grup "Dynamite" telah membuat mereka mendapatkan nominasi dalam kategori Duo Pop / Penampilan Grup Terbaik (Best Pop/Duo Group Performance), yang mengakui pencapaian dalam "vokal baru atau duo / grup instrumental atau rekaman pop kolaboratif".

"Dynamite" BTS saat ini dinominasikan bersama J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny, dan Tainy dengan "Un Dia (One Day)", "Intentions" Justin Bieber (menampilkan Quavo), "Rain on Me" Lady Gaga dan Ariana Grande, dan Taylor Swift "Exile" (menampilkan Bon Iver).

Album BTS 2018 Love Yourself: Tear sebelumnya dinominasikan untuk Grammy Award 2019 dalam kategori Paket Rekaman Terbaik (Best Recording Package), yang diberikan kepada art director album — sedangkan kali ini merupakan pertama kalinya anggota BTS itu sendiri yang masuk nominasi.

Penghargaan Grammy 2021 akan diadakan pada 31 Januari pukul 08.00 pm ET atau 1 Febaruari pukul 08.00 WIB.

BTS juga terus mencetak rekor baru di tangga lagu Billboard dengan lagu hit mereka "Dynamite".

Untuk pekan tanggal 28 November, "Dynamite" naik kembali ke No. 14 di Billboard’s Hot 100, peringkat mingguan untuk lagu paling populer di Amerika Serikat untuk semua genre.

Lagu ini sekarang menghabiskan minggu ke-13 di Top 20. "Dynamite" terus memperpanjang rekornya sendiri untuk lagu yang menduduki tangga lagu terlama di Hot 100 oleh grup dari Korea Selatan.

"Dynamite" juga memecahkan rekornya sendiri sekali lagi di tangga lagu radio Lagu Pop Billboard, yang mengukur total pemutaran mingguan di sekitar 160 stasiun radio mainstream Top 40.

Lagu tersebut naik ke No. 6 di chart minggu ini, menetapkan rekor baru untuk peringkat tertinggi yang pernah diraih oleh semua musikus Korea Selatan.

Selain itu, "Dynamite" naik ke No. 12 di chart Penjualan Lagu Digital Billboard, No. 6 di chart Global 200, dan No. 3 di Global Excl. US Chart.

Selain mengklaim No.5 di Artist 100, BTS juga tetap No.1 di Social 50 selama 206 minggu berturut-turut dan memperpanjang rekor mereka sendiri untuk minggu terbanyak berada di No 1.


Baca juga artikel terkait GRAMMY 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight