STOP PRESS! Jadi Saksi di Sidang E-KTP Hari Ini, Setnov Sibuk Acara HUT Golkar

BPKAD Siapkan Land Cruiser Baru untuk Anies Baswedan

BPKAD Siapkan Land Cruiser Baru untuk Anies Baswedan
Gubernur terpilih DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Baswedan melakukan fitting seragam dinas Gubernur, Jakarta, Kamis (12/10/2017). tirto.id/Arimacs Wilander
Reporter: Hendra Friana
13 Oktober, 2017 dibaca normal 1 menit
Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan Toyota Land Cruiser keluaran 2017 untuk dipakai Anies.
tirto.id - Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno tinggal 3 hari lagi. Setelah resmi menjabat nanti, rencananya pasangan pemimpin baru itu akan mengubah beberapa kebiasaan gubernur pendahulunya, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Namun, tak akan ada perubahan untuk tipe mobil dinas yang dipakai gubernur. Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri, Mawardi mengatakan Pemprov akan menyiapkan Toyota Land Cruiser keluaran 2017 untuk dipakai Anies selama menjabat gubernur.

"Kita sudah meminta ke BPKAD [Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah] untuk dapat disipakan kendaraan baru untuk gubernur Jakarta," ungkapnya di Balai Kota, Jumat (13/10/2017).

Mawardi menjelaskan disiapkannya Land Cruiser baru untuk Anies lantaran kendaraan dinas tersebut sudah berumur cukup lama. "Sudah 4 tahun yang lalu ya. Saya pikir pengadaannya 2013," ucapnya.

Sedangkan untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan diberikan mobil Lexus GX 460 berwarna hitam.

"Lexus kan mobil cadangan, jadi yang mungkin Lexus ke Pak Sandi sedangkan yang Land Cruiser ke Pak Gubernur," ujarnya. "Besok akan kita siapkan, yang ada sekarang, Land Cruiser sama Lexus."

Lexus keluaran 2012 itu sebelumnya juga sempat ditawarkan kepada mantan Gubernur-wakil Gubernur Jakarta Jokowi-Ahok di awal pemerintahan mereka.

Mawardi mengatakan, mobil tersebut cocok sebagai kendaraan dinas gubernur lantaran memiliki kapasitas cukup besar yakni sampai tujuh orang. Selain itu, Lexus juga mengusung mesin 4.6 liter berkonfigurasi V8 bertenaga 301 Hp dan torsi 329 lb-ft. Tenaga dan torsi sebesar itu disalurkan via transmisi matik enam percepatan.

Untuk plat nomor mobil, kata Mawardi, "sudah kami siapkan B 1 DKI dan B 3 DKI." Anies akan memakai plat bernomor 1 dan Sandi akan memakai plat mobil bernomor 3. "Plat yang B 2D DKI, itu sudah permintaan Ketua DPRD," katanya.

Baca juga artikel terkait ANIES-SANDIAGA atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - hen/ale)

Keyword