Bocoran KPU soal Topik Debat Capres-Cawapres 2024

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 29 Nov 2023 14:15 WIB
KPU harap tema debat menjadi praktik nyata dari visi-misi yang telah disusun masing-masing tim capres-cawapres.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pertemuan dengan sejumlah Kementerian, Lembaga Swadaya Masyarakat (NGO), Rabu (29/11/2023) hari ini. Ketua KPU, Hasyim Asy'ari menuturkan pertemuan tersebut untuk membahas tema debat calon presiden dan wakil presiden.

"Pagi ini kami menggelar pertemuan dengan sejumlah kementerian, lembaga dan juga teman-teman NGO, media dan ahli untuk membahas dua hal," kata Hasyim di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Dia menuturkan nantinya mereka akan akan membahas terkait metode hingga topik debat capres-cawapres. Hasyim mengklaim tema nantinya terkait situasi global.

"Sebenarnya di dalam UU Pemilu sudah ada topik-topik yang dibahas dalam debat capres. Detailnya seperti apa dan kemudian melihat situasi global, situasi regional dan melihatnya terhadap konteks domestik Indonesia dalam jangka waktu lima tahun jabatan," kata dia.

Lebih lanjut, dia berharap tema debat menjadi praktik nyata dari visi-misi yang telah disusun masing-masing tim capres-cawapres. Selain itu, Hasyim berharap tema debat yang didiskusikan berkelanjutan dengan kondisi masyarakat saat ini.

"Supaya apa yang didiskusikan itu fakta sesuai dengan fakta dan kemudian sesuai dengan kondisi yang dihadapi ketika menyusun program visi-misi," kata Hasyim.

Saat dikonfirmasi mengenai waktu debat, Hasyim enggan mengungkapkan. Dia menuturkan waktu debat akan didiskusikan terlebih dahulu dengan tim utusan dari masing-masing capres-cawapres, termasuk mengenai rencana debat yang akan dilaksanakan di luar DKI Jakarta.

"Belum, nanti setelah ini juga siang atau sore nanti, pembicaraan pagi ini akan dibahas dengan tim pasangan calon," kata dia.

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight