BMW Seri 8, Sedan Tangguh untuk Lintasan Balap dan Jalan Umum

Oleh: Yantina Debora - 18 Juni 2018
BMW Seri 8 yang hadir dalam bentuk sedang dua pintu atau coupe diklaim tangguh untuk lintasan balap dan jalan umum.
tirto.id - BMW Seri 8 resmi diluncurkan pada gelaran balap uji ketahanan "24 Hours of Le Mans" di Perancis.

Anggota Dewan Manajemen BMW AG, Klaus Frohlich, mengatakan peluncuran BMW Seri 8 dilakukan pada sebuah balapan sebagai pendekatan baru perusahaan dalam mengenalkan mobil yang tangguh di lintasan balap dan jalan umum.

“Kami biasanya mengembangkan mobil untuk jalan, kemudian menyiapkan ini untuk trek balapan. BMW Seri 8 merupakan yang pertama kalinya bahwa kami menggunakan pendekatan dengan cara yang berbeda: Kami mengembangkan mobil dan berhasil bersaing dalam balapan," kata Frohlich dilansir laman resmi BMW.

"Kami menggunakan pengalaman ini untuk mobil versi jalan raya. Dari arena balapan sampai ke jalan. Anda merasakan itu setiap detik,” katanya.

Sedan tangguh dua pintu (coupe) ini merupakan seri terbaru yang diluncurkan pertama kalinya sejak BMW Seri 8 generasi pertama dihentikan penjualannya pada 1999, setelah 10 sebagai salah satu model coupe andalan BMW.

BMW Seri 8 diklaim memiliki tenaga 523-horsepower berkat BMW M850i xDrive, penggerak all-wheel drive, mesin Twin V8-turbo yang mampu mencapai kecepatan dari 0 hingga 96,5 km/jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan tertinggi 249,4 km/jam.

BMW Seri 8 Coupe akan menggantikan BMW Seri 6 Coupe sebagai model andalan dan akan mulai dijual pada Musim Gugur di Eropa.


Baca juga artikel terkait BMW SERI 8 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora