Blunder-blunder Kiper Piala Dunia 2018: 6 Kloning Karius di Rusia

Oleh: An Ismanto - 16 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Ada dua final sepakbola heboh di tahun 2018, dan keduanya dihiasi blunder kiper.
tirto.id - Kesalahan yang dilakukan Hugo LLoris dalam pertandingan final Piala Dunia 2018 adalah salah satu dari blunder-blunder kiper Piala Dunia 2018. Tercatat, setidaknya ada 5 kiper lain yang melakukan kesalahan yang sangat jelas dan membuat mereka tampak amatir di putaran final ajang paling akbar sepakbola dunia tersebut.

Pada menit ke-69 laga yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018) itu, Perancis sudah unggul 4-1 berkat gol bunuh diri Mandzukic (18), penalti Griezmann (38), Paul Pogba (59), dan Mbappe (65).

Umtiti melakukan back pass dengan santai kepada Lloris, yang menerima bola dengan baik. Tetapi saat sang kiper berusaha memindahkan bola dari kaki kanan ke kaki kiri, Mandzukic yang merangsek berhasil menghadang arah bola. Bola pun bergulir tanpa dapat dicegah ke dalam gawang Perancis, mengubah skor menjadi 4-2.

Skor tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan Perancis menjadi Juara Dunia 2018. Tetapi, blunder Lloris tetap tercatat sebagai salah satu dari blunder-blunder kiper Piala Dunia 2018.



Dalam pertandingan-pertandingan sebelumnya selama Piala Dunia 2018, tercatat ada nama-nama lain yang melakukan blunder. Berikut ini adalah 5 kesalahan kiper yang sangat jelas dan fatal, atau menyebabkan terjadinya gol.

David De Gea melakukan blunder saat Spanyol bertemu Portugal di fase grup. Blundernya menyebabkan gol kedua Portugal yang dicetak Ronaldo, dan Ronaldo akan mencetak trigol sehingga kedua negra bermain imbang 1-1.

Fernando Muslera melakukan blunder saat Uruguay melawan Perancis di fase perempat final. Blundernya menyebabkan gol kedua Perancis dan akhirnya Uruguay tersisih.

Willy Caballero melakukan blunder dalam laga melawan Kroasia di fase grup. Blundernya menyebabkan Ante Rebic mencetak gol pertama Kroasia dalam laga yang berakhir 3-0.

Manuel Neuer melakukan blunder saat melawan Korea Selatan dengan berada terlalu jauh dari gawang. Son Heung-min memanfaatkan kesalahan Neuer sehingga sekor berakhir 2-0.

Mohammed Al-Owais salah menilai arah bola sehingga tangkapannya saat sepak sudut oleh Uruguay di fase grup. Kesalahannya menyebabkan Luis Suarez mencetak gol dalam laga yang berakhir 1-0 itu.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya An Ismanto
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: An Ismanto
Editor: An Ismanto
DarkLight