tirto.id - Blibli.com meresmikan kerjasama dengan Pos Indonesia dalam menghadirkan Kiosk Blibli InStore di seluruh Kantor Pos se-Jabodetabek dan Jawa Barat. Kerjasama ini termasuk dalam pengadaan fasilitas pembayaran (Pospay) dan pengiriman (Pos Kilat Khusus) hingga retur gratis untuk transaksi di Kiosk Blibli InStore.
“Kami melihat kekuatan jaringan yang dimiliki Pos Indonesia hingga ke wilayah tier 2 dan tier 3 seluruh Indonesia merupakan prospek besar untuk dapat memperluas jangkauan pasar Blibli.com," kata Kusumo Martanto, CEO Blibli.com dalam siaran resminya yang diterima Tirto, Selasa (6/2/2018)
Ditambahkannya, kerjasama ini sekaligus membantu masyarakat untuk mendapatkan produk-produk impian yang selama ini mungkin sulit untuk didapat di sekitar wilayah tinggal mereka.
Selain itu, kerjasama ini juga dalam rangka upaya mendukung rencana pemerintah untuk membawa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada tahun 2020 mendatang.
“Sebagai e-commerce asli Indonesia tentunya kami ingin melakukan sesuatu yang dapat berkontribusi untuk kemajuan ekonomi negara,” tambah Kusumo.
Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W. Setijono menyatakan, kemitraan ini adalah sebuah terobosan baru yang kaya manfaat dan kesempatan.
"Kerjasama ini merupakan sebuah terobosan baru yang sarat akan manfaat yaitu kesempatan memperkenalkan belanja secara digital kepada pelanggan yang selama ini belum terpapar dengan baik dalam hal teknologi dan penggunaan aplikasi belanja online," katanya.
Selain itu dengan kehadiran e-commerce, sambungnya, diharapkan dapat menambah segmen pelanggan baru bagi Kantor Pos.
Pada tahap awal, penempatan Kiosk Blibli InStore telah dilakukan di wilayah seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Cilegon, dan sekitarnya.
Secara total titik penempatan Kiosk Blibli InStore telah ada di 32 Kantor Pos dan kedepannya kerjasama akan terus dikembangkan ke titik-titik lain.
“Wilayah yang disasar untuk penempatan Kiosk Blibli InStore mempertimbangkan potensi pelanggan dan juga kesiapan infrastruktur wilayah tersebut. Harapan kami kerjasama ini bisa segera diperluas ke wilayah lain di Indonesia,” kata Kusumo.
Di kedepannya nanti penempatan Kiosk Blibli InStore akan difokuskan di Kantor Pos-Kantor Pos wilayah tier 2 dan tier 3. Target pengguna Kiosk ini adalah pelanggan setia Kantor Pos, karyawan Pos Indonesia, dan juga penduduk sekitar Kantor Pos.
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis