tirto.id - Ada dua kebiasaan yang meningkat saat pandemi, yakni belanja dan liburan. Menurut laporan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, transaksi e-commerce di Indonesia naik pada 2022, mencapai Rp530 triliun atau tumbuh 31,4 persen. Sementara itu, tiket.com mencatatkan pertumbuhan lini bisnis akomodasi sebesar 61 persen, yang mayoritas karena maraknya staycation.
Masyarakat Indonesia yang tidak ingin ketinggalan alias FOMO (fear of missing out) tentunya menantikan kombinasi sempurna yang bisa memanjakan kebiasaan belanja dan liburan mereka ini. Kabar baiknya, ada e-commerce dan OTA (online travel agency) yang meluncurkan sinergi pertama mereka di Indonesia: Blibli dan tiket.com.
Dengan tajuk #BergabungPastiUntung, Blibli dan tiket.com mengintegrasikan fitur terbaik dari e-commerce dan OTA untuk membentuk gaya hidup digital yang terintegrasi, aman, nyaman, dan bernilai tambah dalam memberikan dua pengalaman terbaik yang paling jadi tren di masa pandemi: belanja online dan perjalanan.
Meski merupakan kombinasi sempurna untuk memenuhi keinginan masyarakat, dua pelaku ekonomi digital tentunya tidak bisa sembarangan bersinergi. Kebetulan, Blibli dan tiket.com memiliki komitmen dan visi perusahaan yang sama. Harapannya sinergi ini akan makin memanjakan para pengguna setia Blibli (Blibli Loyalty) dan tiket.com (tiket Elite Rewards).
“Sinergi #BergabungPastiUntung ini membuat pengguna Blibli dan tiket.com mendapatkan keuntungan maksimal dari pemenuhan kebutuhan harian rumah tangga belanja gadget, elektronik, perabotan dan dekorasi rumah, fashion, hingga kebutuhan rekreasi dan perjalanan,” kata Edward Kilian Suwignyo, Chief Marketing Officer Blibli.
Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer tiket.com, juga mengamini apa yang Edward katakan. “Kami memandang bahwa integrasi akun ini merupakan sebuah solusi efisien yang sangat mudah bagi pengguna tiket dan Blibli untuk mendapatkan manfaat terbaik di kedua platform cukup dengan satu akun yang sama,” kata Gaery.
Cocokan Akun Blibli dengan tiket.com Kalian!
Meningkatnya kebiasaan belanja dan liburan masyarakat membuat kehadiran sinergi ini dinilai sangat tepat. Pengguna kedua platform ini jadi mudah dan terintegrasi secara seamless dalam memenuhi keinginan mereka tersebut.
Singkatnya, sinergi ini menggabungkan segala kelebihan e-commerce dan OTA ke dalam satu akun tunggal pengguna, sehingga pengguna dapat menikmati semua manfaat dan kelebihan secara efisien dan efektif. Pengguna juga langsung dapat merasakan pengalaman berbelanja terintegrasi yang paling menyenangkan dengan lebih banyak manfaat bonus dan fasilitas dari kedua platform.
Untuk yang FOMO, yang perlu dilakukan adalah tinggal mencocokan level keanggotaan di Blibli Loyalty dan tiket Elite Rewards. Dengan melakukan pencocokan itu, pengguna dapat menaikkan level secara otomatis mengikuti level tertinggi di akun Blibli atau tiket.com.
Manfaat dari Blibli untuk Sobat Tiket yang bergabung ke Blibli terdiri dari bonus pencocokan akun spesial hingga 2.500 poin, voucher gratis ongkir, voucher belanja eksklusif untuk member, hingga hadiah spesial untuk konsumen yang berulang tahun.
Sementara itu, manfaat dari tiket.com untuk Blibli Friends yang bergabung ke tiket.com terdiri dari diskon hingga 15% khusus untuk pesawat dan hotel, beragam keuntungan dan fasilitas travelling, jalur khusus pelanggan (dedicated customer care line), serta early access untuk beragam program promosi dan diskon.
“Kami mengundang Blibli Friends dan Sobat Tiket untuk segera mencocokkan akun agar dapat menikmati segala benefit dan reward yang berlipat-lipat! Ini menjadi salah satu wujud rasa syukur kami kepada Blibli Friends dan Sobat Tiket yang terus setia menjadi pengguna kami selama ini,” kata Gaery.
Sinergi yang Juga Berperan Membantu Pemulihan Industri Pariwisata Indonesia
Secara jumlah, sinergi Blibli dan tiket.com ini dapat menambah basis pengguna kedua aplikasi dengan potensi pertumbuhan transaksi yang juga melesat. Sepanjang tahun 2020, Blibli mencatat pertumbuhan Year-On-Year sebesar 2,5 kali lipat, dengan pertumbuhan kategori produk yang tertinggi secara berurutan: produk lokal (UMKM) di Galeri Indonesia, gadget dan elektronik, kebutuhan rumah tangga, serta Home and Living.
Namun, keuntungan sinergi kedua platform ini bukan hanya bermanfaat secara jumlah pengguna, melainkan juga berkontribusi kepada pemulihan industri pariwisata negara.
Tiket.com sendiri memang berkomitmen untuk menjadi yang pertama dalam perannya sebagai OTA untuk membantu pemulihan tersebut. Sebagai catatan, jika membandingkan 2021 dengan 2020, performa tiket.com tumbuh sebesar 40 persen, dengan destinasi wisata terpopuler adalah Medan, Denpasar, Surabaya, Jakarta (Jabodetabek), dan Bandung.
Dengan demikian, pemulihan industri pariwisata Indonesia hanya tinggal menunggu waktu sejak Blibli dan tiket.com bersinergi. Sementara bagi para pengguna platform, yang bisa dilakukan paling pertama tentu dengan mencocokan akun Blibli dan tiket.com mereka.
(JEDA)
Penulis: Tim Media Servis