BLACKPINK Raih Platinum di Australia untuk Single Kiss and Make Up

Oleh: Syarifah Aini - 26 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
BLACKPINK mendapat sertifikat Platinum dari ARIA atas penjualan 70.000 keping untuk single kolaborasi mereka bertajuk "Kiss and Make Up".
tirto.id - Girl group populer asuhan YG Entertainment yaitu BLACKPINK baru saja berhasil menerima sertifikat Platinum dari Australia Recording Industry Association (ARIA) pada Jumat (25/10/2019). Kabar tersebut dibagikan langsung oleh pihak ARIA melalui laman resminya.

Sertifikat Platinum diberikan oleh ARIA kepada BLACKPINK dan juga Dua Lipa atas keberhasilan mereka dalam menjual sebanyak 70.000 keping atas single kolaborasi mereka bertajuk "Kiss and Make Up" yang dirilis pada bulan 23 Oktober 2018 lalu.

Berdasarkan kriteria penilaian dari ARIA sendiri, setiap single yang telah mencapai penjualan hingga 70,000 keping di Australia berhak mendapatkan apresiasi berupa sertifikat Platinum. Sementara untuk single yang telah berhasil menjual sebanyak 35,000 keping akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat Gold.

Sebelum berhasil menyabet sertifikat Platinum dari ARIA, BLACKPINK bersama Dua Lipa lewat single populer mereka yaitu "Kiss and Make Up", telah lebih dulu berhasil meraih sertifikat Silver dari BRIT United Kingdom pada 20 September lalu.

Prestasi tersebut diberikan oleh Bristish Phonograpic Industry (BPI) United Kingdom (UK) kepada BLACKPINK dan Dua Lipa atas keberhasilan mereka meraih penjualan single lagu “Kiss and Make Up” sebesar 200,000 keping. Lewat keberhasilan tersebut BLACKPINK dinobatkan sebagai Group K-pop pertama yang berhasil meraih sertifikat Silver BRIT kategori single lagu.

Sama seperti keberhasilannya sebelumnya, dalam keberhasilan yang baru saja diraih bersama Dua Lipa kemarin, BLACKPINK kembali menjadi Group K-pop pertama yang berhasil meraih sertifikat Platinum ARIA lewat kategori single lagu.

Selain BLACKPINK, terdapat Group K-Pop lain yang juga berhasil meraih penghargaan dari ARIA yaitu boy grup berbakat asuhan Big Hit Entertainment yaitu BTS. Bedanya, boy group yang diketuai oleh Rap Monster tersebut baru berhasil meraih sertifikat Gold untuk beberapa lagu populernya yaitu lagu "DNA", "Fake Love", "Mic Drop" (Steve Aoki Remix), serta "Boy With Luv" (feat Halsey).

Jika sertifikat Platinum diberikan kepada BLACKPINK atas prestasi mereka dalam meraih total penjualan single sebanyak 70,000 keping, maka sertifikat Gold diberikan ARIA kepada BTS atas keberhasilan mereka dalam menjual keempat karya mereka masing-masing sebanyak 35,000 keping single.


Baca juga artikel terkait BLACKPINK atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight