BLACKPINK dan CL Masuk Daftar 30 Under 30 Asia Versi Forbes

Oleh: Maria Ulfa - 3 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
BLACKPINK dan CL berhasil masuk dalam daftar 30 Under 30 Asia versi majalah Forbes.
tirto.id - Dua artis asuhan YG Entertainment, yakni BLACKPINK dan CL berhasil masuk dalam daftar 30 Under 30 Asia versi majalah Forbes.

Hal tersebut diumumkan Forbes pada Selasa (2/4/2019) dalam daftar tahunan 30 Under 30 Asia yang keempat.

Daftar tersebut menampilkan 300 pengusaha muda, inovator, pekerja seni di seluruh Asia yang menantang kebijaksanaan konvensional dan menulis ulang aturan untuk generasi berikutnya, mereka memiliki usia di bawah 30 tahun.

Forbes 30 Under 30 Asia Class of 2019 mencakup kepada 30 penerima penghargaan untuk 10 kategori. Kategori-ketgori tersebut merupakan Seni (seni & gaya, makanan, dan minuman), Hiburan & Olahraga, Keuangan & Modal Ventura, dan Pemasaran & Periklanan.

Kemudian Ritel & e-niaga, Perusahaan Teknologi, Industri, Manufaktur Energi, Ilmu Kesehatan & Pengusaha Sosial, dan Teknologi Konsumen.

Di antara 30 orang tersebut, BLACKPINK dan CL menerima penghargaan sebagai inovator di bidang Hiburan & Olahraga (Entertainment & Sports).

Menurut Forbes, BLACKPINK dengan cepat menjadi girl group K-Pop dengan chart tertinggi sepanjang masa di Hot Billboard 100 sejak grup ini debut pada 2016 lalu.

"Sebagai kelompok dengan latar belakang multikultural, kami memiliki keuntungan untuk dapat berbicara bahasa secara bebas," ujar Lisa, anggota termuda BLACKPINK kepada Forbes dalam sebuah wawancara, seperti dilansir Asia One.


"Saya pikir itu adalah keuntungan besar ketika berkomunikasi dengan penggemar di luar negeri maupun di Korea. Musik kami tampaknya dinikmati oleh semua orang tanpa memandang ras, usia dan jenis kelamin," sambungnya.

Sementara, CL, mantan anggota dan leader 2NE1 yang memiliki nama asli Lee Chae Rin ini juga berhasil masuk daftar Forbes 30 Under 30 Asia bersama juniornya, BLACKPINK.

Menurut Forbes, solois berusia 28 tahun ini berhasil menduduki chart Billboard Hot 100 dan Spotify dengan beberapa lagu andalannya “The Baddest Female” dan “Lifted” dalam beberapa jam setelah dirilis.

"Meskipun hanya segelintir lagu solo yang dirilis, debut tur solonya di Amerika Serikat yang terjual habis di Hammerstein Ballroom menjadikan “Baddest Female” Asia ini sebagai penyanyi Korea pertama yang melakukan tur solo di New York," kata Forbes.

Sementara itu, beberapa artis Korea Selatan lainnya yang pernah terpilih pada tahun-tahun sebelumnya termasuk BTS, BIGBANG, Jay Park, Jessica Jung, Eric Nam, Kris Wu, G-Dragon, dan lain-lain.


Baca juga artikel terkait MUSIK K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight