Biodata Ran Takahashi Pemain Voli Jepang di VNL 2022, Posisi, Klub

Kontributor: Ahmad Yasin - 23 Jun 2022 14:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Biodata Ran Takahashi pemain voli Jepang di VNL 2022 putra. Apa posisinya, di mana klub ia bermain, dan bagaimana perjalalan karier Ran Takahashi?
tirto.id - Ran Takahashi menjadi salah satu bintang Timnas voli putra Jepang dalam gelaran Volleyball Nations League (VNL) 2022. Atlet berusia 20 tahun ini berposisi sebagai pemukul luar atau outside hitter di skuad Jepang. Lantas, seperti apa biodata Ran Takahashi dan bagaimana pula perjalanan kariernya?

Kiprah timnas voli Jepang pada hajatan VNL 2022 nomor putra cukup menjanjikan. Hingga berlangsungnya pekan 2 ini, tim asuhan Philippe Blain bertengger di papan atas klasemen VNL 2022 preliminary phase. Ini menunjukkan jika Nippon bisa bersaing dengan tim-tim elite dunia.

Penampilan apik Jepang tidak terlepas dari performa impresif para pemainnya, salah satunya Ran Takahashi. Sepanjang hajatan VNL 2022, Ran memiliki peran yang cukup vital. Hingga Rabu (22/6/2022), ia telah menyumbang 43 poin dari total attempt 91. Statistik ini melengkapi tugasnya sebagai bagian dari motor serangan Jepang.

Pada akhir tahun lalu, Ran Takahashi bergabung ke Pallavolo Padova, klub voli putra di Italian Volleyball League Serie A (Superlega). Ran mengikuti jejak kompatriotnya yang sudah lebih dulu bermain di Negeri Pizza, seperti Yuki Ishikawa (Power Volley Milano) dan Yuji Nishida (Volley Callipo).

Sebelumnya, Ran Takahashi juga mencuri perhatian lewat aksinya di Olimpiade Tokyo 2020. Saat berhadapan dengan Kanada, Ran melakukan spike tipuan dan mengubahnya menjadi set cepat kepada Yuki Ishikawa.

Gerakan tersebut mengingatkan penggemar anime pada Atsumu dan Osamu Miya, karakter dalam anime “Haikyuu!!”, yang melakukan gerakan serupa.



Sejarah Karier Ran Takahashi


Lahir pada 2 September 2001, Ran Takahashi memiliki darah Amerika, Jerman, Inggris, dan Jepang dari garis keturunan kakek dan ibunya. Ia mengawali karier di dunia voli dengan memperkuat tim sekolah dasar sejak menduduki bangku kelas dua.

Sepak terjang Ran berlanjut ketika memasuki sekolah menengah pertama. Sebagai murid di tahun ke-1 sekolah Hachigaoka, Kyoto, posisi Ran saat bermain voli cenderung menjadi Libero. Postur tubuhnya yang masih terhitung pendek melatarbelakangi Ran mengemban tugas tersebut.

Kemampuan Ran untuk membantu pertahanan tim rupanya cukup diperhitungkan. Tak hanya itu, ia kemudian makin berkembang dan tetap jadi pilihan utama ketika menjadi bagian dari skuad Higashiyama High School. Ini terjadi setelah Ran lulus dari Hachigaoka.

Inter-High School Sports Ferstival terbukti merupakan panggung Ran Takahashi. Ajang multi-olahraga serupa Olimpiade ini mewadahi atlet sekolah menengah di Jepang untuk berkompetisi. Sebagai ace dan kapten, Ran turut berkontribusi atas keberhasilan tim voli sekolahnya masuk dalam 4 besar turnamen.

Rupanya, prestasi Ran dan timnya belum berhenti. Puncaknya, mereka berhasil menyabet gelar juara National Sports Festival of Japan dan All Japan High School Volleyball Championship 2020. Dalam turnamen yang populer dikenal Haruko itu Ran didapuk sebagai MVP (Most Valuable Player).

Bakat dan pencapaian Ran Takahashi ternyata kian membuatnya berkembang. Usai menamatkan sekolah menengah atas, Ran lalu bergabung ke Nippon Sport Science University. Bersama tim voli tempat dirinya berkuliah itu, karier Ran kian menanjak. Ia menjadi Best Scorer di ajang All Japan Intervollegiate Volleyball Championship 2020.

Pada Februari 2020, timnas bola voli Jepang kepincut untuk memanggil Ran ke dalam skuad. Sejak saat itulah Ran sudah jadi langganan Jepang di beberapa pentas bola voli bergengsi, seperti Volleyball Nations League 2021 dan Olimpiade Tokyo 2020. Dengan demikian, VNL 2022 terhitung sebagai penampilan keduanya di kejuaraan tersebut.


Biodata Ran Takahashi


Nama Lengkap: Ran Takahashi

Tempat, tanggal lahir: Kyoto, 2 September 2001

Usia: 20 tahun

Profesi: Pemain Bola Voli

Posisi: Outside Hitter

Klub Saat Ini: Pallavolo Padova

Kompetisi: Superlega (Italian Volleyball League Serie A)

Baca juga artikel terkait VNL 2022 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Yasin
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ahmad Yasin
Penulis: Ahmad Yasin
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight