tirto.id - Big Bang Jakarta 2017, acara cuci gudang yang diikuti oleh 198 perusahaan di bidang elektronik, otomotif, penerbangan, busana dan aksesori, serta permainan anak telah menarik lebih dari 200.000 pengunjung. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 22 Desember 2017 sampai 1 Januari 2017 lalu diadakan pertama kali oleh PT Expo Indonesia
dab bertempat di Jakarta International Expo Kemayoran.
Big Bang dibagi menjadi empat kategori yakni The Biggest Year End Sale, The Biggest Year End Entertainment, The
Biggest Year End Festival, dan The Biggest Year End Exhibition.
“Indonesia harus punya ‘pasar diskon’ akhir tahun yang menjadi andalan wisata belanja. BigBang-lah jawabannya. Mari kita promosikan secara luas agar memperbanyak orang Indonesia untuk berbelanja di dalam negeri,” kata Tazbir, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kemenpar.
“Untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun keluarga di Jabodetabek, dan secara khusus anak- anaknya, BigBang Jakarta akan menghadirkan ragam program yang akan disuguhkan mulai dari Pameran Cuci Gudang Multiproduk, Midnight Sale, Pesta Tahun Baru, Kuliner, Konser Musik, Festival Durian, Kompetisi Paduan Suara, Ajang Ketemu Komunitas, Pameran Lego, Pohon BigBang Berhadiah, serta program hiburan spektakuler lainnya,” kata Indra, Direktur Utama PT. Expo Indonesia Jaya.
Diskon besar-besaran tersebut diantaranya diikuti oleh Electronic City. Perusahaan elektronik ini memberi potongan harga pada sejumlah produk seperti lemari pendingin, AC, televisi, dan mesin cuci. Produk pendingin ruangan dijual mulai dari harga Rp800.000,-. Lini busana dan aksesori seperti Nike, Levis, Guess, Kenzo, Banana Republic, dan Superdry
memberi harga diskon 70% - 90%.
Selain menampilkan produk dari retail konvensional, perusahaan e-commerce Blibli.com turut memasarkan produknya dengan harga spesial.
Selain dikunjungi orang dewasa, Big Bang 2017 juga dipadati oleh anak-anak. Diadakannya pameran lego terbesar jadi penyebabnya. Di dalam area pameran terdapat ekshibisi khusus lego yang bekerjasama dengan Legoland. Penyelenggara pameran membuat kompetisi lego di mana pengunjung bisa memenangkan hadiah menginap gratis di Legoland Hotel
Malaysia serta merasakan petualangan menyusuri area Legoland.
Pada pameran ini, salah satu bilik yang paling ramai dikunjungi ialah Sriwijaya Travel Fair. Di hari keenam pameran tersebut diselenggarakan, masih terlihat antrian panjang dari publik yang memburu tiket ke beberapa destinasi di dalam negeri. Sriwijaya Air menjual tiket penerbangan mulai dari Rp100.000 untuk rute Jakarta- Surabaya, Jakarta- Jogjakarta, Jakarta- Bangka. Tiket menuju salah satu destinasi wisata populer seperti Bali dijual mulai
dari harga Rp200.000.
Di antara sejumlah ind ividu yang datang untuk berburu diskon, ada pula kelompok yang hadir untuk mendengarkan seminar dengan topik membela negara. Seminar tersebut diadakan lantaran penyelenggaraan acara Big Bang bertepatan dengan Hari Bela Negara.
Momen tersebut digunakan penyelenggara Big Bang untuk menggandeng program Pekan Bela Indonesiaku yang merupakan program sosialisasi resmi Bela Negara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.
“BigBang Jakarta kedepannya tak hanya digelar di Jakarta, melainkan di berbagai kota besar di Indonesia secara rutin setiap akhir tahunnya. BigBang Jakarta 2017 diprakarsai atas dasar permintaan berbagai pihak yang berkeinginan untuk dapat melakukan kegiatan di akhir tahun, di mana sebagian warga Jakarta yang tidak melakukan perjalanan keluar kota
dapat memperoleh program menarik serta hiburan pada akhir tahun di Jakarta.” tutur Novry, Direktur Operasional PT Expo Indonesia Jaya.
Di Big Bang 2017, malam-malam terakhir tahun 2017 diisi oleh penampilan dari grup band dalam negeri seperti Kahitna, Java Jive, dan Sheila on 7.