Liga Spanyol

Betis vs Real Madrid: Solari Tepis Tudingan Sengketa dengan Isco

Oleh: Beni Jo - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Real Madrid berhasil memenangkan laga saat bermain tandang melawan Real Betis dengan skor 1-2 pada (14/1/2019) di Stadion Benito Villamarín. Pada pertandingan ini, Isco tidak diturunkan oleh Santiago Solari.
tirto.id - Real Madrid memang berhasil memenangkan laga tandang melawan Real Betis dengan skor 1-2 pada Senin (14/1/2019) di Stadion Benito Villamarín. Namun, Isco tidak tampil dalam laga tersebut. Pelatih Madrid, Santiago Solari, menegaskan tidak ada masalah dengan sang gelandang Spanyol.

"Kami memainkan laga yang serius. Kami adalah kami dan kami semua adalah tim. Itu (tim) terdiri dari mereka yang bermain dan mereka yang tidak bermain. Tidak mungkin ada masalah pribadi disini," ungkap Solari dikutip Soccerway pada Senin (14/1).

Dalam laga melawan Real Betis, Real Madrid memakai formasi 3-5-2. Solari memakai Luka Modric, Casemiro, dan Federico Valverde sebagai tiga gelandang, didukung oleh Reguilon di sayap kiri dan Dani Carvajal di sayap kanan.

Sebaliknya, Isco hanya duduk di bangku cadangan hingga berakhirnya laga. Solari sendiri lebih memilih untuk menurunkan Dani Ceballos, Brahim Diaz, dan juga Cristo Gonzalez sebagai pemain pengganti.

Isco tampil 13 kali di Liga Spanyol musim ini, mencetak 1 gol. Namun, ia hanya 5 kali menjadi starter, dan 8 laga sisanya masuk dari bangku cadangan. Selain itu, Isco empat kali ditarik keluar lapangan. Total menit bermainnya di liga domestik hanya 593 menit.

Uniknya, tanpa Isco, persentase kemenangan Relal Madrid jusru tinggi. Menurut data OptaJose yang dikutip pada Senin (14/1), Real Madrid di bawah asuhan pelatih Santiago Solari telah memenangkan 100% pertandingan mereka di semua ajang kompetisi ---setara dengan 6 laga-- ketika Isco Alarcon tidak tampil.

Namun, ketika Isco turun sebagai pemain, Los Blancos hanya tercatat 63,6% berhasil memenangkan pertandingan. Dari 11 laga bersama Isco, hanya tercatat tujuh di antaranya yang berhasil dimenangkan oleh Solari.

Menurut data Whoscored, dalam lima laga terakhirnya bersama Real Madrid di Liga Spanyol, ketika Isco diturunkan sebagai pemain, Los Blancos tercatat menang dalam dua laga, dua kali kalah, dan satu kali seri.

Dua kemenangan El Real ketika Isco turut membela tim yaitu terjadi ketika Madrid melawan tuan rumah Huesca pada (9/12/2018) dengan kedudukan akhir 0-1. Ketika itu penampilannya tercatat selama 24 menit. Berikutnya ketika menghadapi Valencia di Santiago Bernabeu. Pada laga itu Madrid menang 2-0 namun penampilannya hanya tercatat selama 10 menit.

Sedangkan dua kekalahan terakhir ketika Isco turun membela tim yaitu saat Madrid bermain di kandang sendiri melawan Real Sociedad dan di kandang dari klub Eibar.

Saat melawan Sociedad di Stadion Santiago Bernabeu pada (6/1), Madrid harus menanggung malu di depan publik sendiri akibat kekalahan 0-2 atas tim tamu. Pada laga itu, Isco turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-57 untuk menggantikan pemain asal Brasil Casemiro. Penampilannya tercatat selama 33 menit dengan menghasilkan satu buah kartu kuning.

Pada kekalahan Madrid di kandang Eibar (24/11/2018), pemain bernomor punggung 22 itu diturunkan oleh Solari pada menit ke-63 untuk menggantikan Luka Modric. Ketika itu tuan rumah sudah dalam kedudukan unggul 3-0 atas tim tamu.

Pada laga terakhirnya ketika memperkuat Los Merengues melawan Leganes pada ajang Copa del Rey, Madrid menang 3-0 (9/1). Ketika itu dia diturunkan pada menit ke-71 untuk menggantikan Lucas Vázquez. Pada pertandingan itu, penampilannya hanya tercatat selama 19 menit laga.









Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo
Kontributor: Beni Jo