Bertemu di Kantor SpaceX, Jokowi Ajak Elon Musk ke Indonesia

Reporter: Andrian Pratama Taher - 15 Mei 2022 11:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Saat kunjungan ke SpaceX, Jokowi melihat fasilitas roket milik Elon Musk di Boca Chica, Amerika.Serikat.
tirto.id - Presiden Joko Widodo resmi bertolak dari Amerika Serikat, Sabtu (14/5/2022) sore waktu setempat. Sebelum meninggalkan Amerika Serikat, Jokowi menyempatkan diri untuk bertemu pendiri SpaceX, Elon Musk.

Jokowi tiba di kantor SpaceX sekira pukul 10.30 waktu setempat dan langsung disambut Elon Musk. Saat kunjungan ke SpaceX, Jokowi melihat fasilitas roket milik Elon Musk di Boca Chica, Amerika.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi kembali menanyakan tindak lanjut komitmen yang dibuat oleh Elon Musk dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ujar Jokowi saat pertemuan dalam keterangan persnya, Minggu (15/5/2022).

Elon Musk mengaku tertarik untuk berbicara kerja sama lebih lanjut dengan Indonesia. Ia melihat Indonesia memiliki potensi besar dan SpaceX maupun Tesla tertarik untuk bekerja sama dalam sejumlah bidang.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," kata Elon Musk.

Jokowi pun menyambut positif niatan Elon Musk. Ia pun mengajak Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," ucap Jokowi.

Menjawab undangan Jokowi untuk datang ke Indonesia, Elon Musk mengaku berencana datang pada November tahun ini.

"Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," tutur Elon Musk.

Jokowi lantas bertolak dari Amerika Serikat pada pukul 17.38 waktu setempat melalui pangkalan militer Andrews, Washington DC, Sabtu (14/5/2022).

Sebelum tiba ke Indonesia, Jokowi dijadwalkan mampir ke Abu Dhabi, Minggu (15/5/2022) sore. Ia akan menyampaikan duka cita kepada pemerintah, masyarakat, dan keluarga atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat 13 Mei 2022 yang lalu.

Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi beserta rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Senin 16 Mei 2022 pagi.


Baca juga artikel terkait JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight