Bermalam dengan Wanita, 4 Pebasket Jepang Dicoret dari Asian Games

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 20 Agustus 2018
Mereka kedapatan "bermalam di sebuah hotel dengan wanita".
tirto.id - Empat pemain basket dari Jepang didiskualifikasi dari keikutsertaan di pesta olahraga Asian Games 2018. Keempatnya dipulangkan ke Jepang pada Senin (20/8/2018) karena kedapatan "bermalam di sebuah hotel dengan wanita".

Ketua delegasi kontingen Jepang, Yasuhiro Yamashita mengatakan, keempat pemain itu berhubungan dengan para wanita setelah makan dan minum di sebuah tempat hiburan. Mereka mudah diidentifikasi karena mengenakan kemeja bertuliskan "Jepang" saat mendatangi tempat hiburan itu.

"Saya bertemu dengan para atlet dan mereka menyatakan penyesalan atas apa yang telah mereka lakukan," ujar Yamashita. "Sebagai ketua kontingen, saya menyatakan permohonan maaf dari hati yang paling dalam," tambahnya, seperti dikutip The Washington Post, Senin (20/8/2018).

Insiden tersebut terjadi setelah tim Jepang menang 82-71 atas Qatar dalam pertandingan babak penyisihan Asian Games 2018, Kamis (16/8/2018). Sementara Jepang kalah dalam pertandingan melawan Taiwan dengan skor 71-65.


Para pejabat Olimpiade Jepang (JOC) mengatakan mereka tahu insiden para atlet Jepang itu dari sebuah surat kabar yang menerbitkan foto para pemain saat peristiwa terjadi.

JOC mengidentifikasi para atlet itu bernama Takuya Hashimoto, Keita Imamura, Yuya Nagayoshi, dan Takuma Sato. Keempatnya diminta untuk membayar sendiri biaya tiket pesawat kepulangan mereka ke Jepang.

JOC mengatakan, perilaku para atlet itu merupakan "pelanggaran yang jelas dari kode perilaku tim yang menyebut para atlet harus menjadi role model."

Delapan atlet yang tersisa di skuad Jepang tetap melanjutkan pertandingan melawan Hongkong pada Rabu (22/8/2018) di Hall Basket Senayan, Jakarta.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight