Bens Leo Meninggal Dunia: Profil dan Rekam Jejak Kariernya

Penulis: Alexander Haryanto - 29 Nov 2021 13:41 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Bens Leo meninggal dunia pada hari ini sekitar pukul 8.24 WIB, berikut adalah profil dan rekam jejak kariernya.
tirto.id - Pengamat musik Bens Leo meninggal dunia pada hari ini, Senin, 29 November 2021. Kabar duka itu disampaikan oleh istri Bens, Pauline Endang Praptini dan anaknya Addo Gustaf Putera.

Menurut keterangan, Bens mengembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 8.24 WIB di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. "Dengan segala kerendahan hati, kami mohon dimaafkan segala kesalahan beliau semasa hidupnya," tulis pihak keluarga.

Kendati demikian, pihak keluarga meminta para kerabat tidak ikut mengantarkan jenazah Bens ke pemakaman, untuk terhindar dari pandemi Covid-19. Namun pihak keluarga meminta untuk mendoakan almarhum dari rumah masing-masing.

"Tanpa mengurangi rasa terima kasih atas perhatian dan penghormatan yang diberikan, demi menjaga privasi keluarga inti dan menaati protokol kesehatan COVID-19, kami mohon kepada keluarga besar, para sahabat dan handai taulan untuk mengantarkan beliau ke tempat peristirahatan terakhirnya dengan iringan doa dari rumah masing-masing," tulis keterangan resmi keluarga.

Kabar duka itu juga disampaikan jurnalis musik senior, Adib Hidayat lewat akun Twitter resminya. Menurut Adib, posisi Bens sebagai pemerhati musik tidak akan pernah tergantikan. Sebelumnya, Adib juga menyampaikan kalau Bens masuk rumah sakit karena terpapar virus Covid-19.

"Selamat jalan Mas Bens Leo. Kita telah kehilangan sosok wartawan dan pemerhati musik Indonesia tak tergantikan," tulis Adib.


Profil Bens Leo


Bens Leo adalah wartawan senior sekaligus pemerhati musik Indonesia. Ia meninggal dunia tepat di usia 69 tahun di rumah sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.

Seperti dikutip Antara, pria bernama asli Benedictus Benny Hadi Utomo ini lahir pada 8 Agustus 1952. Semasa hidup, ia juga pernah terlibat dalam pencari bakat dan aktif dalam berbagai kegiatan dengan tema utama melawan pembajakan karya para seniman.

Di dunia wartawan, Bens pernah menjadi pemimpin redaksi majalah remaja Anita Cemerlang. Namun, ia cukup sebagai wartawan majalah Aktuil. Bersama seorang musisi dan pengusaha, Maxi Gunawan, Bens Leo pernah mendirikan media cetak musik bernama NewsMusik. Di media itu, Bens menjadi pemimpin redaksinya, tetapi tiga tahun kemudian ia mengundurkan diri.

Bens juga pernah menjadi produser musik dan berhasil memproduseri album perdana Kahitna berjudul "Cerita Cinta". Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai anggota Dewan Juri Festival Lagu Pop Indonesia. Ia juga termasuk anggota awal tim sosialisasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards.

Bens menikah dengan Pauline Endang Praptini. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai seorang anak bernama Addo Gustaf Putera. Tepat pada hari ini, Senin, 29 November 2021, Bens mengembuskan napas terakhirnya.


Baca juga artikel terkait BENS LEO atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight