Benarkah Free Fire Akan Ditutup pada Tanggal 18 Juli 2021?

Oleh: Ibnu Azis - 29 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Petisi blokir FF dan kapan Free Fire ditutup disuarakan netizen. Apa yang sesungguhnya terjadi, Garena?
tirto.id - Garena Free Fire Indonesia memastikan bahwa rumor tentang game FF akan dihapus pada tanggal 18 Juli 2021 adalah informasi bohong atau hoaks.

Hal itu disampaikan Free Fire Indonesia melalui unggahan di Instagram resminya belum lama ini.

“Kami menyatakan bahwa berita itu adalah sebuah HOAX,” tulis @freefirebgid pada 25 April 2021 lalu.

Sebelumnya beredar informasi di internet bahwa Free Fire akan ditutup oleh pemerintah Indonesia dikarenakan banyak anak di bawah umur yang memainkan game battle ground tersebut.

Free Fire Indonesia pun meminta para penggunanya, Survivors, untuk tidak menelan informasi tersebut mentah-mentah.

“Yuk Survivors, lebih sensitif dalam menyaring informasi yang didapat ya!” sambung unggahan @freefirebgid.

Garena Free Fire adalah salah satu game battle royale mobile populer di dunia, yang di Play Store saja jumlah unduhannya mencapai 500 juta kali. Lain itu, Free Fire juga mendukung ekosistem esports di Indonesia dengan rutin menggelar turnamen.

Terkini, Free Fire menghelat turnamen esports Free Fire Ramadhan Series yang dimulai sejak 17 April 2021. Pada akhir Maret lalu, Garena telah menuntaskan Free Fire Indonesia Masters 2021 Spring.

Meski begitu, Free Fire bukannya tanpa kritikan. Di laman Change.org setidaknya muncul dua petisi soal game itu, yang salah satunya bahkan meminta MUI dan Kominfo untuk memblokir game ini.

“Perbaiki Game Free Fire karena Merusak Akhlaq Generasi Penerus Indonesia,” bunyi petisi lainnya soal Free Fire di laman Change.org.

Adapun petisi itu terkait Emote Push yang ditirukan oleh beberapa oknum saat sedang melaksanakan ibadah.

Dalam sebuah pernyataan, Free Fire mengatakan bahwa emote tersebut diciptakan hanya untuk dimainkan di dalam game saja. Free Fire juga sangat menyayangkan aksi beberapa oknum yang menirukan emote “Push Up Freestyle” itu ketika menunaikan ibadah.

“Jadi, kapanpun dan dimanapun kalian berada, jangan ditiru ya! Yuk, tetap semangat laksanakan ibadah dengan baik dan benar. Karena ramadan adalah bulan penuh berkah, rajin ibadah pasti Booyah,” tulis @freefirebgid pada 27 April 2021.


Baca juga artikel terkait FREE FIRE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight