Beasiswa Untar 2022

Beasiswa Universitas Tarumanagara 2022 dari Quipper: Syarat-Jadwal

Penulis: Abdul Hadi - 18 Feb 2022 15:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Beasiswa Quipper Scholarship Awards 2022 Universitas Tarumanagara menawarkan potongan SPP hingga 100%. Kapan jadwal & apa persyaratannya?
tirto.id - Hingga pertengahan Maret 2022, Quipper menawarkan beasiswa potongan sumbangan pengembangan pendidikan (SPP) di Universitas Tarumanagara (Untar) hingga sebesar 100 persen. Beasiswa ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa jenjang sarjana (S1). Berikut ini jadwal dan syarat pendaftaran beasiswanya.

Pendaftaran beasiswa Quipper Scholarship Awards (QSA) 2022 berlangsung mulai 3 Januari hingga 18 Maret 2022, sebagaimana dilansir laman resmi Quipper.

Sebagai catatan, beasiswa dari QSA 2022 akan memberikan beasiswa berdasarkan hasil seleksi tes administrasi dari penilaian nilai rata-rata rapor kelas 10 dan 11, serta hasil psikotes untuk fakultas kedokteran yang wajib diikuti pelamar.

Bagi calon mahasiswa yang terpilih, bisa jadi akan memperoleh beasiswa potongan SPP hingga 100 persen, sementara yang lain mungkin akan menerima potongan 80 persen, 60 persen, atau 50 persen saja. Potongan tersebut ditentukan berdasarkan performa peserta dalam seleksi beasiswa QSA tersebut.

Quipper sendiri sebagai pemberi beasiswa merupakan perusahaan teknologi edukasi pembelajaran daring yang berkantor di London, Inggris. Hingga sekarang, Quipper telah beroperasi di 4 negara, mencakup Jepang, Indonesia, Filipina, dan Meksiko.

Pada 2022, Quipper bekerja sama dengan 12 universitas di Indonesia untuk pendanaan beasiswa QSA 2022, yaitu Telkom University, Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT PLN), PPM School of Management, Universitas Paramadina, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Universitas Kristen Maranatha, Indonesia Banking School (IBS), Institut Teknologi Telkom Jakarta (IT Telkom Jakarta), dan Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA).

Di sisi lain, Untar merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Calon mahasiswa dapat mendaftar di salah satu dari 16 program studi yang tersebar di beberapa fakultas di Untar.

Sejumlah fakultas yang tersedia di kampus ini mulai dari ekonomi, hukum, teknik, kedokteran, psikologi, seni rupa dan desain, teknologi informasi, dan komunikasi.


Keuntungan Menerima Beasiswa QSA 2022 Universitas Tarumanagara


Beasiswa QSA akan memberikan berupa potongan SPP sampai dengan 100% yang diberikan dengan syarat nilai rapor mencapai angka tertentu.

Untuk program non kedokteran, nilai rapor atau ijazah rata-rata minimal 70, sedangkan untuk Kedokteran, nilai rapor rata-rata minimal 80. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Besaran SPP normal (tanpa beasiswa) untuk pendidikan dokter dan profesi dokter adalah Rp350.000.000.
  • Untuk prodi lain (selain Pendidikan dokter dan profesi dokter) sebesar Rp17.000.000-Rp45.000.000. SPP ini hanya dibayarkan satu kali di awal.

Syarat-syarat Pendaftaran Beasiswa QSA 2022 Universitas Tarumanagara


Syarat mendaftar beasiswa QSA 2022 Universitas Tarumanagara terdiri dari syarat dokumen dan syarat khusus, bergantung pada jurusan yang akan dilamar. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Syarat Dokumen Beasiswa QSA 2022 Universitas Tarumanagara

  • Foto rapor dari kelas X-XI semester ganjil dan genap
  • Pas foto
  • Melampirkan surat keterangan buta warna (SKTBW) untuk masuk Program Studi Arsitektur, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual (DKV)

2. Syarat Khusus Beasiswa QSA 2022 Universitas Tarumanagara

  • Siswa yang berada di kelas 12 SMA/SMK/MA/setara
  • Memenuhi kualifikasi untuk program S1
  • Rata-rata nilai rapor minimal 70 (non Kedokteran), rata-rata nilai rapor minimal 80 (Kedokteran). Rinciannya adalah sebagai berikut:

Pertama, nilai rata-rata rapor minimal Kelas X-XI semester satu sampai genap adalah 70 untuk program non Kedokteran.

Kedua, untuk program Kedokteran, nilai rapor rata-rata minimal 80 dari Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) gabungan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.


Cara Mendaftar Beasiswa QSA 2022 Universitas Tarumanagara


Cara mendaftar beasiswa Quipper 2022 pada Untar dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka laman Campus Quipper via LINK INI
    Klik "Daftar Beasiswa"
  • Klik "Buat Akun"
  • Isi semua data yang diminta, lalu klik "Daftar Sekarang"
  • Kemudian, login pakai email dan akun
  • Selanjutnya, lakukan proses pendaftaran hingga selesai.

Informasi yang lebih lengkap bisa dilihat via tautan Campus Quipper. Calon mahasiswa yang bermaksud bertanya lebih lanjut dapat menghubungi kontak berikut: 021 5695 8723 atau 0811 7579 727 (Whatsapp).


Baca juga artikel terkait INFO BEASISWA 2022 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight