Bawaslu RI: Beberapa TPS Akan Lakukan Pemilu Ulang

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, mengatakan ada TPS yang akan melakukan pemilu susulan dan juga pemilu ulang karena perkara teknis: kendala logistik atau pemilih.
tirto.id - Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, mengatakan ada TPS yang akan melakukan pemilu susulan dan juga pemilu ulang karena perkara teknis: kendala logistik atau pemilih.

Ada 38 TPS yang akan melakukan pemungutan suara ulang. Sedangkan TPS yang melakukan pemungutan suara susulan ada 1.395.

"Paling banyak terdapat di distrik yang ada di Papua. Seperti di Abepura sebanyak 367 TPS yang akan susulan, Jayapura Selatan 335, dan Intan Jaya 288 TPS," kata Fritz.

Ketua Bawaslu RI Abhan menambahkan kalau titik pemilu susulan dan ulang kemungkinan bertambah. Dan ini akan menjadi catatan mereka.

"Tentu ini harus menjadi catatan bagi KPU terkait ketersediaan logistik," pungkasnya.

Kedua capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto sudah bertarung dalam Pemilu 2014. Ketika itu, Jokowi-JK meraih 53,15 persen suara rakyat; sebaliknya Prabowo-Hatta Rajasa memperoleh 46,85 persen suara.

Pada Pemilu 2019, Jokowi bersama Ma'ruf Amin diusung oleh gabungan partai politik yang memiliki 60,3 persen total kursi di DPR. Koalisi ini memakai slogan "Indonesia Maju" dalam kampanye Pilpres 2019.

Sementara Prabowo bersama Sandiaga Uno diusung oleh gabungan partai politik yang memiliki 39,7 persen total kursi di DPR. Koalisini ini memakai slogan "Indonesia Menang".

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan