Barcelona Juara Piala Super Spanyol 2018 Usai Kalahkan Sevilla

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 13 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laga final Piala Super Spanyol berakhir dengan skor 1-2.
tirto.id - Pertandingan final Piala Super Spanyol antara Sevilla vs Barcelona di Grand Stade de Tanger, Maroko, Senin (13/8/2018) dini hari waktu Indonesia berakhir dengan skor 1-2. Barcelona menang berkat gol Gerard Pique dan Ousmane Dembele, sementara satu gol Sevilla dicetak Pablo Sarabia.

Laga Piala Super Spanyol kali ini jadi penanda aturan baru. Jika biasanya dilangsungkan dengan sistem dua leg, kali ini RFEF selaku federasi sepak bola Spanyol mengubah format duel jadi satu leg saja yang dihelat di tempat netral.

Duel ini juga jadi laga resmi pertama Barcelona yang dipimpin Messi sebagai kapten utamanya. Kepergian Andres Iniesta ke Liga Jepang membuat ban kapten kini beralih kepada pemain asal Argentina tersebut.

Pertandingan

Barcelona maupun Sevilla tampil dengan skuat utamanya. Blaugrana yang menggunakan formasi 4-4-2 tampil dengan duet andalannya, Lionel Messi dan Luis Suarez di lini depan.

Sementara Sevilla yang tampil dengan 3-4-2-1 memasang Luis Muirel jadi ujung tombak tunggal. Walau punya risiko tinggi, Sevilla pun langsung berupaya menekan. Formasi tiga bek sejajar yang dilapisi dua gelandang bertahan membuat Barcelona sempat kesulitan mengimbangi.

Sevilla bahkan memimpin lebih dulu saat laga baru bergulir sembilan menit. Usai menerima umpan terobosan Luis Muriel, Pablo Sarabia mempecundangi Ter Stegen dengan tendangan akurat yang menggetarkan gawang.

Gol ini sempat menghasilkan pro kontra karena Sarabia dianggap offside. Namun, setelah memastikan dengan hakim garis, wasit memutuskan mengesahkan gol ini karena pada akhirnya Sarabia dinilai tak berada pada posisi offside. Skor 1-0.

Barcelona mencoba memberikan respons pada menit ke-24. Suarez menerima dengan baik umpan kiriman Messi. Namun pemain asal Uruguay itu gagal melepaskan tendangan yang baik. Bola hasil sepakannya kelewat lemah dan dapat ditahan Tomas Vaclik.

Upaya tak kenal lelah Blaugrana baru menuai hasil tiga menit jelang turun minum. Gerard Pique mencatatkan namanya di papan skor. Memaksimalkan rebound hasil tendangan Messi yang dapat dibendung Vaclik, Pique menyambar si kulit bundar dengan tendangan keras. Bola tak mampu dihalau Vaclik dan terciptalah gol. Skor jadi 1-1 dan menutup paruh waktu.

Di awal kedua Barcelona melakukan pergantian vital. Pelatih Ernesto Valverde memasukkan Ivan Rakitic untuk menggantikan Rafinha.

Masuknya Rakitic membuat lini tengah lebih bertenaga. Di menit ke-59 Sevilla yang kesulitan bahkan sempat melakukan pelanggaran keras di depan kotak penalti. Messi hampir menginversi tendangan bebas ini jadi gol andai Vaclik tak melakukan penyelamatan emas dan menepis bola hasil tendangan sang kapten.

Vaclik lagi-lagi membuktikan kapasitasnya di menit ke-77. Ia memblok dengan baik bola hasil tendangan Coutinho yang meluncur akurat ke gawang. Bola rebound lantas jatuh ke kaki Messi dan diceploskan sang penyerang ke gawang, namun lagi-lagi Vaclik tampil menawan serta membendung bola.

Namun aksi gemilang Vaclik tak bertahan selamanya. Di menit ke-78 ia harus rela kebobolan. Ousmane Dembele menerima umpan Messi, menusuk ke kotak penalti, dan melepaskan tendangan yang lebih dulu membentur mistar gawang sebelum melewati garis dan berujung gol.

Gol Dembele jadi yang terakhir. Barccelona resmi jadi juara Piala Super Spanyol karena mampu mempertahankan skor 1-2 sampai laga usai.

Susunan Pemain Sevilla vs Barcelona

Sevilla: Tomas Vaclik; Sergi Gomez, Simon Kjaer, Gabriel Mercado; Sergio Escudero, Ever Banega, Roque Mesa, Jesus Navas; Pablo Sarabia, Franco Vazquez; Luis Muriel.

Sevilla substitutes: Juan Soriano, Ibrahim Amadou, Daniel Carrico, Nolito, Aleix Vidal, Wissam Ben Yedder, Andre Silva.
Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Nelson Semedo; Rafinha, Arthur, Sergio Busquets, Ousmane Dembele; Lionel Messi, Luis Suarez.
Barcelona substitutes: Jasper Cillessen, Samuel Umtiti, Juan Miranda, Ivan Rakitic, Philippe Coutinho, Arturo Vidal, Munir El Haddadi.

Baca juga artikel terkait PIALA SUPER SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan