tirto.id - Sebagai bank digital bagian dari BRI Group, Bank Raya (AGRO) terus mendorong upaya peningkatan literasi keuangan di masyarakat melalui berbagai kegiatan edukasi keuangan. Kali ini, Bank Raya melakukan kegiatan talkshow Inspiraya dengan tema "Hustle Smart, Save Smarter: Muda(h) Kaya Raya".
Di acara ini, Bank Raya mengajak masyarakat untuk mengelola keuangan dan perencanaan keuangan bisnis secara lebih baik untuk mendorong produktivitas dan kemajuan usaha.
Hadir sebagai pembicara dalam acara ini, yaitu M. Farhad selaku VP Digital & Product Development Bank Raya, serta Indri Wijayanti selaku VP Digital Sales & Partnership Bank Raya, Aliyah Natasya selaku CEO & Founder DNA Finance, Martha Putri selaku Owner Ideku Handmade, Najla Bisyir selaku Owner Bittersweet by Najla.
Program “Inspiraya” dari Bank Raya merupakan program literasi keuangan yang rutin diselenggarakan secara live di sosial media Bank Raya yang bertujuan untuk mengedukasi terkait pengelolaan keuangan. Sepanjang tahun 2024 program Inspiraya telah dilakukan sebanyak lebih dari 40 content dengan total audience lebih dari 90 ribu audience.
Ajeng Putri Hapsari selaku Corporate Secretary Bank Raya menjelaskan “Kami terus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendorong peningkatan literasi keuangan digital agar semakin banyak masyarakat yang cakap dalam mengelola keuangan praktis menggunakan bank digital. Kami juga berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperkuat produk dan fitur di Bank Raya demi kepentingan para nasabah kami.”
Dalam acara ini diperkenalkan mengenai kemudahan Bank Raya sebagai bank digital yang memiliki beragam kemudahan untuk nasabah dalam bertransaksi perbankan melalui Raya App, di antaranya nasabah dapat mengelola keuangan personal dengan fitur Saku Personal seperti Saku Bujet, Saku Pintar, Saku Jaga, menabung kolektif dengan ratusan anggota dan membantu komunitas mengelola keuangan secara transparan dengan Saku Bareng.
Di samping itu, di Raya App, para pelaku usaha dapat mengelola keuangan usaha lebih praktis dengan Saku Bisnis, yang juga telah terintegrasi dengan QRIS Bisnis, sehingga pelaku usaha dapat melayani kebutuhan transaksi customer secara cashless.
Saat ini, Bank Raya memiliki 75 fitur pada Raya Apps, di antaranya nasabah dapat bertransaksi praktis dengan QRIS Bank Raya, membeli pulsa dan paket data, pembelian token listrik dan pembayaran tagihan listrik, pembayaran kartu kredit, pembayaran internet dan TV kabel dan Virtual Account. Di samping itu, nasabah juga dapat melakukan setor dan tarik tunai di ATM BRI serta Agen BRILink di seluruh Indonesia, dan juga tarik tunai di jaringan Indomaret.
Aliyah Natasha selaku CEO & Founder DNA Finance juga menyampaikan mengenai tips praktis mengelola keuangan lebih baik dengan menerapkan 4 healthy habits, seperti hidup sesuai dengan bujet atau tidak konsumtif, menyisihkan uang dan energi untuk masa depan, investasi jangka panjang, dan membuat perencanaan karir untuk para pekerja dan perencanaan bisnis yang tepat bagi para pelaku usaha.
Agar dapat menabung dengan lebih baik maka dapat menerapkan rumus alokasi keuangan tabungan, yaitu 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk impian yang ingin diwujudkan, dan 20 persen untuk investasi masa depan.
Najla Bisyir selaku Owner Bittersweet by Najla menjelaskan dalam mengelola bisnis ada beberapa tantangan, seperti bagaimana beradaptasi dengan perkembangan jaman, sehingga dalam produksi maupun pemasaran harus tetap kreatif untuk menyesuaikan dengan minat pasar. Karenanya, pengelolaan keuangan yang praktis sangat diperlukan untuk mendukung management operasional usaha yang baik.
Sejalan dengan Najla Bisyir, Owner Ideku Handmade Martha Puri menyampaikan bahwa saat mengawali bisnisnya, pembukuan dilakukan secara manual sehingga memakan waktu dan perlu ketelitian.
“Pebisnis harus bisa mengelola keuangan dengan lebih praktis supaya keuangan usaha tidak tercampur dengan kebutuhan pribadi, dan bisa mengalokasikan untuk keperluan usaha dan pengembangan usaha yang lebih besar,” tegas Martha.
Hingga Desember 2024, pengguna Raya App tercatat sekitar 1 juta nasabah jumlah tersebut naik sekitar 21 persen (yoy). Sejalan dengan penambahan end user, penggunaan transaksi Raya App meningkat menjadi lebih dari 4 juta transaksi dengan kenaikan sebesar 127 persen (yoy). Pertumbuhan tersebut akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya fitur dan inovasi yang dikembangkan oleh Bank Raya di Raya App.
“Sebagai digital attacker BRI Group, semangat kami adalah memberikan akses perbankan yang luas dan relevan bagi masyarakat, sehingga dengan adanya ragam fitur yang ada di Raya App maka pengalaman bertransaksi perbankan digital jadi lebih menyenangkan,” tegas Ajeng.