Bandara Soekarno-Hatta Berbenah Fasilitas Jelang Lebaran

Oleh: Maya Saputri - 24 Mei 2017
Jelang Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta berbenah sejumlah fasilitas di terminal 1, 2 dan 3. Selain itu, Bandara Soetta juga menerima pengajuan 1.907 penerbangan tambahan terkait Lebaran.
tirto.id - Bandara Soekarno-Hatta berbenah sejumlah fasilitas di terminal 1, 2 dan 3. Selain itu, Bandara Soetta juga menerima pengajuan 1.907 penerbangan tambahan terkait lebaran.

"Untuk sementara hingga saat ini, kita telah menerima 1.907 rencana penerbangan tambahan dari pihak maskapai," kata Branch Communication Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho dalam keterangan resminya, di Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Ia menjelaskan, rencana penerbangan tambahan tersebut untuk penerbangan domestik, baik keberangkatan maupun kedatangan.

Sedangkan untuk internasional, terdapat 16 extra flight. Terdiri dari delapan kedatangan dan delapan keberangkatan.

Sementara untuk prediksi penumpang saat lebaran, pihaknya memperkirakan akan ada kenaikan khususnya pada H-2 sebanyak lima persen. "Lalu untuk arus balik, akan ada kenaikan sebesar enam persen yang terjadi pada H+6," katanya.

Sebelumnya, Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta telah melakukan perapihan dan penataan fasilitas dalam memperbaiki kualitas pelayanan jasa kebandarudaraan menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 2017/1438 H.

Branch Communication Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho di Tangerang Rabu menyampaikan, PT Angkasa Pura II telah melengkapi berbagai fasilitas pelayanan baik di Terminal 1, 2 dan 3 untuk persiapan angkutan lebaran.

Seperti X-Ray, smoking area, toilet, nursery, lokasi mushalla, trolley, tempat sampah, kursi, rest area, kids zone, e-kios, drinking water, charger box, check-in service dan kapasitas parkir mobil maupun motor.

"Seluruh fasilitas telah kita lakukan pengecekan dan siap digunakan oleh penumpang. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan penumpang atau masyarakat. Kita pun rutin melakukan pengecekan jika memang ada yang perlu ditingkatkan," katanya dalam keterangan resminya.

Seperti di Terminal 1 telah terpasang sebanyak 32 X-Ray, smoking area di 12 titik, 162 tempat toilet, sembilan titik nursery, 39 lokasi Mushalla, Trolley sebanyak 1.879 unit. Begitu juga terdapat penambahan fasilitas di Terminal 2 dan 3.

Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2017 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri