Bandai Namco Akan Hadirkan Tamagotchi Versi Smartwatch

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 18 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tamagochi versi smartwatch akan segera dirilis dan dibanderol mulai 65 hingga 68 dolar AS.
tirto.id - Perangkat wearable bernama Tamagochi Smart dihadirkan kembali. Perangkat yang populer di tahun 90-an tersebut kini dilengkapi dengan layar sentuh dan bisa dipakai di pergelangan tangan layaknya jam tangan.

Tamagochi awalnya dirilis di Jepang pada November 1996 sebagai mainan elektronik untuk anak-anak, namun akhirnya dan menjadi terkenal di dunia sebagai salah satu permainan hewan peliharaan virtual yang ikonik.

Meski beberapa dekade berlalu sejak kelahirannya, namun perangkat ini masih hidup. Dikutip dari Gizmodo, perusahaan induk di balik Tamagotchi yakni Bandai Namco telah berhasil menjual lebih dari 83 juta unit per Maret 2021.

Melihat kepopuleran perangkatnya, Bandai lantas mengumumkan perilisan Tamagotchi Smart yang juga menandai perayaan 25 tahun keberadaannya.

Smartwatch ini dilapisi silikon berwarna dan juga memiliki fungsi seperti smartwatch, termasuk pedometer dan voice control atau kontrol suara untuk memanggil peliharaan.

Layar sentuh juga melengkapi jam tangan pintar ini yang memudahkan pengguna memberi makan hewan.

Tamagotchi Smart menggunakan TamaSma Cards yang dijual terpisah. Kartu chip ini diisi item-item ekslusif dan karakter yang bisa diunduh ke dalam smartwatch. Setiap Tamagotchi Smart datang dengan karakter-karakter baru untuk dirawat

Dilansir dari Cnet, kartu Tamagotchi Sweet Friends akan memberikan pengguna item-item bertema seperti pencuci mulut untuk memberi makan peliharaan, serta permainan mini.

Lantas, Tamagotchi Rainbow Friends akan diisi dengan tema termasuk pelangi, kuda poni hingga makanan untuk peliharaan.

Adapun fungsi dasar Tamagochi masih dipertahankan yakni mendapatkan telur saat baru mulai dan merawatnya saat sudah menjadi binatang.

Dilaporkan TechTimes, dengan Tamagothi Smart, pengguna juga tidak akan kehilangan binatang peliharannya apalagi saat kehabisan baterai..

Perangkat ini akan dirilis di Jepang pada 23 November tahun ini, namun belum diketahui kapan dijual di pasar internasional.

Untuk saat ini, jam tersebut dijual pada pembeli yang beruntung dengan sistem seperti undian. Tamagochi Smart akan dijual di harga sekitar 65 dolar AS hingga 68 dolar AS lengkap dengan charger dan aksesoris lainnya.




Baca juga artikel terkait TAMAGOTCHI atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight