Piala Dunia 2022

Bagan 16 Besar Piala Dunia 2022 & Syarat Tim Lolos Fase Grup

Kontributor: Ahmad Yasin, tirto.id - 25 Nov 2022 16:54 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Bagan 16 besar Piala Dunia 2022 diisi deretan tim yang berhasil lolos dari fase grup. Simak syarat dan ketentuan lolos, serta bagan babak 16 besar.
tirto.id - Bagan 16 besar Piala Dunia 2022 mempertemukan tim-tim yang berhasil lolos dari fase grup. Seluruh tim yang menduduki posisi 2 besar di klasemen akhir Grup A sampai H dianggap memenuhi syarat untuk melankah ke fase gugur. Jadwal babak 16 besar Piala Dunia 2022 diagendakan pada 3-6 Desember 2022.

Jadwal resmi Piala Dunia 2022 dimulai dengan menggelar deretan laga fase grup. Tiap grup diisi 4 tim, dan dengan menggunakan sistem round-robin maka tiap tim mempunyai 3 kali jadwal tanding di fase grup. Jadwal fase grup mulai 20 November-2 Desember 2022.



Tiket lolos 16 besar hanya berhak diberikan kepada para juara dan runner-up grup di klasemen akhir. Akan tetapi berdasar bagan Piala Dunia 2022, tim yang berasal dari grup yang sama tidak akan berjumpa lagi di babak 16 besar. Tim juara grup akan menghadapi tim runner-up dari grup yang berbeda.

Dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022, tim juara Grup A akan berhadapan dengan runner-up Grup B, begitu juga sebaliknya. Sistem silang ini berlaku berpasangan, hingga pertemuan antara tim dari Grup G dengan tim dari Grup H.


Syarat Tim Lolos Fase Grup


Untuk melenggang ke babak 16 besar, setiap tim perlu finis peringkat 1 atau 2 di klasemen akhir masing-masing grup. Jumlah poin yang dikumpulkan selama pertandingan fase grup bakal menentukan peringkat sebuah tim (menang 3 poin, seri 1 poin, kalah 0 poin).

Mengacu buku Regulations FIFA World Cup 2022, terdapat aturan turunan apabila terdapat 2 tim atau lebih yang memiliki jumlah poin sama.

Opsi pertama, peringkat klasemen grup akan ditentukan berdasarkan selisih gol. Jika hasilnya masih setara, maka akan merujuk pada jumlah gol yang dicetak di semua pertandingan grup. Head to head antar tim terkait di fase grup, hanya berlaku jika regulasi di atas belum membawa jalan keluar.

Berikutnya, aturan selisih gol dan jumlah gol dalam pertandingan yang dimainkan antara tim bersangkutan juga bisa menentukan peringkat.

Tidak ketinggalan, belaku pula sistem poin fair play. Sistem ini akan menghitung jumlah kartu kuning dan merah yang didapat dari seluruh laga fase grup. Hal ini juga mempengaruhi pengurangan poin sebuah tim, dengan rincian:
  • kartu kuning pertama (minus 1 poin)
  • kartu kuning kedua/kartu merah tidak langsung (minus 3 poin)
  • kartu merah langsung (minus 4 poin)
  • kartu kuning dan kartu merah langsung (minus 5 poin)

Jika seluruh ketentuan di atas belum bisa menemui jalan keluar, FIFA akan menerapkan solusi terakhir. Peringkat klasemen grup bakal dilakukan lewat pengundian oleh Komite Penyelenggara FIFA. Terlepas dari itu, seluruh peserta Piala Dunia 2022 yang ingin lolos ke babak 16 besar wajib menyegel peringkat 1 dan 2 pada setiap grup.



Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar Live TV


Jika tidak ada perubahan jadwal, pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan berlangsung selama 4 hari, tepatnya pada 3-6 Desember 2022. Berikut rincian jadwal 16 besar Piala Dunia 2022:

Sabtu, 3 Desember 2022

Juara Grup A vs Runner-up Grup B (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)

Juara Grup C vs Runner-up Grup D (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)


Minggu, 4 Desember 2022

Juara Grup B vs Runner-up Grup A (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)

Juara Grup D vs Runner-up Grup C (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)


Senin, 5 Desember 2022

Juara Grup E vs Runner-up Grup F (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)

Juara Grup G vs Runner-up Grup H (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)


Selasa, 6 Desember 2022

Juara Grup F vs Runner-up Grup E (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)

Juara Grup H vs Runner-up Grup G (live SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola)


*Jadwal dan stasiun televisi yang menayangkan Piala Dunia 2022 dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pemegang hak siar.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Yasin
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ahmad Yasin
Penulis: Ahmad Yasin
Editor: Oryza Aditama

DarkLight