Baca Manhwa Solo Leveling 174 Sub Indo, Jadwal, & Prediksi Chapter

Oleh: Dewi Rukmini - 19 November 2021
Dibaca Normal 3 menit
Baca komik Solo Leveling 174 subtitle bahasa Indonesia legal mulai Kamis, 25 November 2021. Episode terbaru Solo Leveling (Chapter 173) rilis 18 November.
tirto.id - Komik Solo Leveling Chapter 174 dengan terjemahan bahasa Indonesia dapat dibaca secara legal di aplikasi Kakaopage mulai Kamis, 25 November 2021. Episode terbaru Solo Leveling (173) saat ini sudah dapat dibaca sejak Kamis (18/11) pukul 22.00 WIB.

Manwha Solo Leveling adalah web komik asal Korea Selatan yang diadaptasi dari novel karya Chugong berjudul Na Honjaman Rebereop (I Alone Level Up). Komik ini dirilis oleh D&C Media di bawah naungan label Papirus sejak 4 November 2016 dengan ilustrator Jang Sung (Dubu).

Di Indonesia sendiri, Komik Solo Leveling mulai berlayar secara digital di Kakaopage sejak 10 Agustus 2020 dan mengisi slot update harian Jumat. Episode terbaru web komik ini dapat dibaca setelah membeli tiket seharga 120 cash.


Sinopsis Solo Leveling dan Alur Cerita hingga Episode 173


Manhwa Solo Leveling berfokus pada kisah dunia fantasi ketika tiba-tiba mulai bermunculan gerbang dimensi misterius di seluruh wilayah bumi. Dari dalam gerbang misterius itu akan keluar gerombolan monster-monster asing yang memiliki kekuatan mengerikan.

Bersamaan dengan fenomena itu, sebagian besar umat manusia mengalami kebangkitan kekuatan (awakening) yang disebut sebagai hunter. Mereka bertugas mengalahkan para monster yang keluar dari balik gate atau yang masih berada di dalam dugeon.

Para hunter itu dibagi menjadi beberapa level tergantung seberapa tinggi tingkat kekuatannya. Level terendah adalah rank E yang setingkat lebih kuat dari manusia biasa, sementara level paling tinggi adalah rank S dengan kekuatan dahsyat mampu membunuh ratusan monster dalam sekejab.

Sung Jin Woo adalah seorang hunter rank E memiliki julukan terlemah dari yang paling lemah. Walaupun begitu, ia memiliki keberanian besar dan sikap tidak menyerah dalam menyelesaikan setiap misi.

Suatu hari, Sung Jin Woo dan rombongan raid-nya terjebak dalam dugeon double yang berisi monster patung raksasa dengan kekuatan mengerikan. Berkat kegigihan dan sikap pantang menyerahnya, Sung Jin Woo berhasil lolos dari dugeon bencana itu bersama kedua orang temannya.

Untungnya sejak saat itu, Jin woo mendapat anugrah kebangkitan kedua lewat skema leveling up layaknya game mobile yang disebut sistem. Berkat bantuan sistem dari hari ke hari Sung Jin Woo berubah menjadi lebih kuat dan bisa mewarisi kekuatan salah satu raja kegelapan Ashborn sang Shadow Monarch.

Namun demi menjaga keluarga dan mempertahankan esensi umat manusia agar tidak punah, Sung Jin Woo rela melawan musuh-musuh kuat serta memeranginya. Termasuk pemimpin para monster yang berasal dari dimensi lain, yakni Antares King of Dragon sang Destruction Monarch.

Dalam Solo Leveling chapter 173 yang rilis Kamis, 18 November 2021, akhirnya Sung Jin Woo berhadapan langsung dengan Antares. Episode terbaru minggu ini dibuka dengan kebingungan Antares yang tidak dapat menghubungi Iron Body Monarch. Antares menyimpulkan bahwa ini semua adalah taktik Sung Jin Woo.

Antares ingin cepat membunuh Sung Jin Woo, maka ia menyemburkan napas api dan melelehkan semua yang ada di depannya. Serangan Antares gagal melukai Jin Woo sebab ia berhasil menghindar ke atas menaiki wyvernnya, Kaiser.

Dengan satu perintah Jin Woo mengeluarkan prajurit bayangan yang baru saja ia bangkitkan dari jasad pasukan Antares. Ribuan juta prajurit bayangan itu mulai mengpung Antares dan memerangginya.

Namun, Antares yang sendirian tidak merasa goyah menghadapi gerombolan prajurit bayangan lemah itu. Sebab dengan satu ayunan tangan nyatanya Atares bisa melenyapkan semua prajurit bayangan remeh itu.

Ketika semua prajurit bayangan barunya lenyap, Sung Jin Woo memancing Antares mengikutinya lewat portal dimensi ke suatu tempat. Antares terjebak dalam rencana Jin Woo dan melesat mengikutinya lewat portal itu.

Di sana Antares disambut ratusan ribu pasukan bayangan asli Shadow Monarch, lengkap dengan kedua perwira dan komandannya. Hal yang mengejutkan adalah ternyata Iron Body Monarch telah dikalahkan dan pasukannya kini menjadi prajurit bayangan Sung Jin Woo.

Antares mengakui kecerdikan taktik Sung Jin Woo, tetapi ia tidak merasa kalah sebab telah menyiapkan strategi lain yang tidak kalah brilian. Antares bekerja sama dengan Yogumunt sang Transfiguration Monarch kini membuka ratusan gate raksasa rank S di atas langit Kanada.

Rencananya dari ratusan gate abnormal itu, Antares dapat membawa pasukannya sebanyak mungkin. Dalam hal jumlah pasukan, hal ini akan benar-benar menjadi kekalahan telak Sung Jin Woo.

Akan tetapi, Sung Jin Woo tidak merasa terusik, justru dia malah menarik kembali prajurit bayangannya untuk bersembunyi. Antares menertawakan mengira Jin Woo takut dan menyerah karena kalah jumlah.

Diluar dugaan ternyata Jin Woo akan menggunakan Karmish’s Rune Stone yang mengandung skill fatal bagi para naga. Jin Woo berteriak kencang sambil memakai skill Dragon Fire yang mampu mengintimidasi para naga, tidak peduli kawan ataupun lawan.

Berkat skill itu, jutaan pasukan naga Antares bergidik ngeri dan terdiam tidak jadi melawan. Bahkan Yogumunt yang merupakan satu dari raja kegelapan juga ikut terintimidasi oleh teriakan Jin Woo itu.

Tanpa memberikan jeda sejenak, Sung Jin Woo langsung menarik paksa Antares dan membawa pergi dengan teleportasi ke kastil miliknya. Di tempat itu, pertempuran sebenarnya antara Jin Woo dan Antares akan pecah.


Prediksi Solo Leveling Chapter 174 & Alur Berdasarkan Novel


Sejak dimulainya invasi pasukan Destruction Monarch, dunia tidak berada dalam kondisi aman. Asap pertempuran itu hampir menyelimuti dataran benua Amerika, sedangkan esensi mana sihir telah menyebar ke seluruh dunia.

Kemenangan dan takdir manusia masih menjadi misteri padahal semua hunter di dunia sudah diberangkatkan menuju medan perang. Beberapa orang masih ragu apa yang ada di depan mata sebagai kenyataan, sedangkan sisanya tersadar jika peringatan Sung Jin Woo benar adanya.

Pertempuran Sung Jin Woo melawan Antares di pulau kosong diprediksi akan menjadi duel dahsyat antara dua Monarch kegelapan. Jin Woo yang memiliki kekuatan Shadow Monarch diprediksi akan seimbang melawan Destruction Monarch.

Duel mereka tidak akan berhenti apabila tidak ada satu pihak yang menyerah. Jika dilihat dari sikap keras kepala dan penuh curiganya Jin Woo, maka ia tidak akan terjebak dalam tipu muslihatnya Antares.

Berdasarkan alur cerita dalam novelnya, pertempuran mereka tidak akan menewaskan salah satu pihak, tidak peduli seberapa besar kekuatan serang mereka. Hasil pertempuran itu hanya akan berakhir seri sebab dipotong oleh pihak lain yang memiliki kekuatan sebanding, dalam hal ini adalah Rulers.

Walaupun begitu, pada versi komik alur ceritanya entah akan diolah bagaimana. Apalagi kekuatan tempur Yogumunt si Transfiguration Monarch juga belum dikupas dengan tuntas. Mungkin saja keberadaan Yogumunt bisa menjadi faktor pendukung lain terciptanya alur yang berbeda.

Jadwal Solo Leveling Episode 174 di Kakaopage


Komik Solo Leveling episode 174 subtitle bahasa Indonesia dijadwalkan rilis pada Kamis, 25 November 2021 pukul 22.00 WIB di aplikasi dan web Kakaopage. Chapter terbaru komik digital ini dapat dibaca setelah membeli tiket seharga 120 cash (mata uang virtual Kakaopage).

Manhwa Solo Leveling rilis dalam dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris di dua platform yang berbeda. Versi subtitle bahasa Inggris Solo Leveling rilis di Tappytoon setiap Selasa, sedangkan versi Indonesianya terbit setiap Kamis pukul 22.00 WIB di Kakaopage.

Baca juga artikel terkait SOLO LEVELING atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight