Baca Manga OP Chapter Terbaru

Baca Komik One Piece 1060 Sub Indo & Prediksi: Sabo Diburu Im-sama?

Penulis: Fitra Firdaus, tirto.id - 16 Sep 2022 11:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Baca Komik One Piece 1.060 terjemahan bahasa Indonesia di MangaPlus Minggu 18 September 2022. Prediksi OP chapter terbaru: apa nasib Sabo usai Mary Geoise?
tirto.id - Baca Komik One Piece 1.060 terjemahan bahasa Indonesia secara legal dan gratis di MangaPlus mulai Minggu, 18 September 2022 pukul 22.00 WIB. Dalam One Piece chapter terbaru ini, diprediksi kebenaran soal tuduhan pembunuhan Raja Nefeltari Coba oleh Sabo sang komandan Tentara Revolusi akan terungkap.

Saat ini Komik One Piece karya Eiichiro Oda sudah memasuki arc baru setelah Arc Wa no Kuni. Kejadian-kejadian level dunia yang berlangsung selama Kelompok Topi Jerami bertarung di Negeri Wa melawan Yonko Kaido dan Big Mom mulai dipaparkan. Insiden terbesar adalah kejadian di Levely, pertemuan para penguasa seluruh dunia yang diadakan di tanah suci Mary Geoise.

Dalam Chapter 1.054, "Entei", dalam percakapan antara Kurouma (Tensei) dengan Fleet Admiral Akainu (Sakazuki) terungkap bahwa Sabo dan para Komandan Tentara Revolusi yang terdiri dari Karasu, Lindbergh, dan Morley menghancurkan simbol bangsawan dunia dan monumen cakar naga suci. Ini menandakan deklarasi perang Tentara Revolusi terhadap Pemerintah Dunia.

Sabo dan komandan Tentara Revolusi berhasil membebaskan Kuma, anggota Tentara Revolusi yang dijadikan budak oleh St. Charlos, salah satu Tenryubito. Namun, tampaknya ada peristiwa yang menyebabkan Sabo terpisah dengan yang lain. Inilah yang membuat Karasu, Lindbergh, dan Morley bisa bertolak ke Kamabakka, markas Tentara Revolusi yang baru, sembari membawa Kuma, sedangkan Sabo tetap tinggal di Mary Geoise.

Ketika terpisah dengan yang lain itulah, Sabo diduga melakukan pembunuhan terhadap Nefeltari Cobra, pemimpin Kerajan Alabasta. Keluarga Nefeltari termasuk 20 pendiri Pemerintah Dunia pada 800 tahun lampau, seperti halnya Keluarga Donquixote yang punya keturunan Donquixote Doflamingo.

Kematian Cobra direspons positif oleh sebagian pemberontak yang membenci Pemerintah Dunia. Mereka memberikan gelar Entei alias Kaisar Api kepada Sabo. Namun, bukan karakter Sabo untuk membunuh seseorang. Ia punya impian untuk menulis buku tentang seisi dunia dan membebaskan orang-orang.

Ada kemungkinan besar bahwa pembunuhan Cobra dilakukan oleh CP-0 atas perintah Im-sama atau Gorosei. Ini terkait dengan pertemuan Gorosei dengan Im-sama pada Chapter 908. Ketika itu, salah satu Gorosei bertanya, cahaya manakah yang hendak dilenyapkan dari sejarah oleh Im-sama kali ini.

Selain itu, sebelum pertemuan tersebut, Gorosei menyebut bahwa Nefeltari Cobra berencana untuk menemui mereka. Salah satu Gorosei juga menyebut keluarga Nefeltari sebagai pengkhianat.

Masih ada satu elemen lagi yang tidak kalah penting, yaitu Im-sama yang memegang foto Nefeltari Vivi, putri Nefeltari Cobra. Vivi sendiri dikabarkan hilang. Tidak diketahui apakah dia diselamatkan Sabo dari Im-sama, ataukah justru diculik oleh Im-sama.

Dalam Chapter 1.059, Dragon sebagai pimpinan Tentara Revolusi mendapatkan kontak dari Sabo. Kemungkinan besar Sabo kini berada di salah satu negara yang berafiliasi dengan Tentara Revolusi.

Hingga saat ini, satu-satunya yang mengetahui keberadaan Im-sama hanyalah Gorosei. Bisa saja Sabo tidak menyangka ada seseorang yang bisa berkuasa di balik layar dan menduduki Takhta Kosong, yang diklaim sebagai bentuk kesetaraan semua negeri yang terlibat dalam Pemerintah Dunia. Jika Sabo tahu keberadaan Im-sama, ini akan membuat ia menjadi target Im-sama untuk dilenyapkan.

Tidak diketahui pula, apakah Im-sama memang seseorang yang berasal dari era ini ataukah ia berasal dari era terdahulu, misalnya dari Abad Kekosongan. Ada 2 hal yang mendasari kemungkinann Im berasal dari masa lalu.

Pertama, ketika Law dan Doflamingo berbicara soal kemampuan tertinggi Ope Ope no Mi, buah iblis yang membuat penggunanya bisa melakukan operasi bedah apa saja. Kemampuan tertinggi tersebut adalah membuat seseorang yang dioperasi bisa hidup abadi. Bisa saja ini merujuk ke Im-sama.

Kedua, kemampuan Amatsuki Toki (Kozuki Toki) berpindah ke masa depan menggunakan Toki Toko no Mi. Toki menyebutkan, berpindah ke masa lalu adalah hal tidak mungkin. Namun, melompat ke masa depan dapat saja dilakukan. Ini pula yang mungkin dilakukan Im-sama yang datang dari Abad Kekosongan ke dunia saat ini, untuk terus mengontrol seisi bumi.



Baca Komik One Piece Chapter 1.060 Bahasa Indonesia


Komik One Piece Chapter 1.060 legal dan gratis tersedia di platform MangaPlus mulai Minggu, 18 September 2022 pukul 22.00 WIB. Manga ini dapat dibaca dalam terjemahan bahasa Indonesia, Spanyol, Inggris, Thailand, dan Portugis.

Berdasarkan data mingguan di MangaPlus, One Piece (versi bahasa Inggris) adalah manga dengan jumlah tayangan terbanyak di platform tersebut hingga Jumat (16/9/2022) pagi hari dengan total 864.391 tayangan.

Manga karya Eiichiro Oda ini ada di atas Chainsaw Man (Tatsuki Fujimoto) yang punya 681.990 tayangan di peringkat kedua, dan Dragon Ball Super (Akira Toriyama/Toyotaro) di peringkat ketiga dengan 483.716 tayangan.

Manga-manga dengan jumlah tayangan terbanyak berikutnya di MangaPlus adalah My Hero Academia (Kohei Horikoshi) dengan 459.087 tayangan, Boruto (Masashi Kishimoto/Mikio Ikemoto) dengan 383.672 views, dan Jujutsu Kaisen (Gege Akutami) dengan 376.674 tayangan.

BACA MANGA ONE PIECE CHAPTER TERBARU BAHASA INDONESIA

Baca juga artikel terkait MANGA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight