Avanza Facelift 2019 Dirilis 8 Januari, Harga Masih Dirahasiakan

Oleh: Suhendra - 4 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Toyota Avanza facelift 2019 bakal dirilis pada 8 Januari. Bagaimana spesifikasi dan harga Avanza ini?
tirto.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan akan meluncurkan model penyegaran dari Toyota Avanza pada 8 Januari 2019. Avanza yang diluncurkan bukanlah model benar-benar baru atau full model change tapi facelift atau penyegaran saja.

Beberapa hari terakhir sempat beredar di media sosial, foto-foto yang diduga sebagai model penyegaran dari Avanza. Tampak garis-garis tegas pada bagian bumper depan dan lampu dengan “mata sipit” yang mengingatkan pada rival Avanza di kelas low MPV, Mitsubishi Xpander.

Public Relation Manager TAM Rouli Sijabat menegaskan foto-foto itu bukan dirilis oleh TAM. Namun, ia tak menampik bahwa foto-foto itu adalah calon model penyegaran dari Avanza/ Xenia.

“Foto-foto itu kalau dilihat itu adalah Avanza baru, apakah akan keluar seperti itu? belum tentu,” kilah Rouli menjawab diplomatis kepada Tirto.

Namun, Rouli memastikan peluncuran Avanza versi penyegaran ini akan berlangsung pada 8 Januari 2019 pada sebuah acara gathering di Jakarta. Ia juga beralasan keputusan TAM hanya melakukan penyegaran, dan tak melakukan perubahan model radikal dari sisi mesin, sasis, hingga bodi karena beberapa pertimbangan.

“Kalau yang namanya pabrik, model berubah total full model change, kalau berubah semua berdampak pada investasi,” kata Rouli.

Sebagai kendaraan “sejuta umat” yang populasinya sudah mencapai sekitar 1,7 juta unit sejak diluncurkan 2004 lalu, Avanza memang harus tetap berbenah, tak hanya “berganti baju” dengan model kekinian yang modern dan stylish.

“Akan ada improve dari sisi kenyamanan, agar tak kesan soal perubahan di muka saja, akan ada terasa perubahan saat orang di dalam kabin, tapi tetap tidak radikal, agar cost tak besar, sehingga tak berdampak pada konsumen,” kilah Rouli.

TAM sebelumnya sempat melakukan survei kepada konsumen soal model penyegaran dari Avanza ini. Hasilnya, konsumen masih menghendaki Avanza tetap sebagai “mobil perang” dengan ground clearance yang tinggi dan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) tetap dipertahankan.

Bagaimana dengan harga? TAM masih menutup rapat-rapat berapa harga Avanza yang hanya berganti baju ini. “Kita akan berikan terbaik di kelasnya,” jawab Rouli dengan normatif.

Saat ini Toyota Avanza dibanderol mulai dari Rp191 juta hingga Rp221 juta per unit.

Baca juga artikel terkait AVANZA 2019 atau tulisan menarik lainnya Suhendra
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Suhendra
Penulis: Suhendra
Editor: Agung DH
DarkLight