Australia Rilis Konfirmasi 1 Orang Positif Tertular Virus Corona

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 25 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Australia mengonfirmasi bahwa seorang pasien tengah dirawat di rumah sakit karena virus Corona
tirto.id - Kementerian Kesehatan Negara bagian Victoria, Australia mengonfirmasi bahwa seorang pasien tengah dirawat di rumah sakit karena virus Corona.

Pasien tersebut berkebangsaan Tionghoa dan berusia 50 tahun. Ia kini sedang dirawat di fasilitas kesehatan pinggiran kota Melbourne dan dalam keadaan stabil. Ia datang dari Cina pada 19 Januari lalu.

"Penting ditekankan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir akan hal ini," ujar Jenny Mikakos, Menteri Kesehatan Victoria, dikutip oleh Independent.

"Pasien saat ini sedang diisolasi dan dirawat. Sejauh ini, belum ada penetapan pasti soal kelanjutan penyakit ini."

Virus corona yang mematikan ini diduga menyebar dengan cepat di wilayah Eropa. Jumat (24/1/2010), Prancis mengumumkan ada tiga orang yang sudah dirawat karena penyakit ini.

Sedangkan, di Cina dilaporkan pada Sabtu (25/1/2020) korban meninggal akibat virus corona sebanyak 15 orang, sehingga kini total korban meninggal menjadi 41 orang akibat virus corona.

Virus corona muncul dari wilayah Wuhan, Cina yang diduga ditularkan dari hewan ke manusia. Virus Corona, sebagaimana dilansir oleh Live Science, adalah virus yang mirip pneumonia yang pertama kali didiagnosa di Wuhan pada 31 Desember 2019.

Sejak itu, beberapa negara lainnya seperti Jepang, Thailand, Korea Selatan, dan Amerika Serikat mulai mengidentifikasi virus yang sama.

Di AS, pada 21 Januari seorang pria didiagnosa tertular virus corona usai bepergian dari wilayah Wuhan. Kasus kedua, seorang wanita juga diduga tertular virus tersebut setelah bepergian dari kota-kota di Cina.

Pemerintah Cina sendiri mulai memblokir dan memperketat keamanan mobilisasi orang-orang yang keluar masuk Wuhan.

Corona virus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia yang dapat menular lewat udara (batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi), kontak tubuh langsung seperti jabat tangan dan bersentuhan, lewat kontak dengan barang yang sudah terkontaminasi, dan penularan melalui kontaminasi tinja.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight