Australia Lolos ke Piala Dunia 2018 Usai Kalahkan Honduras 3-1

Australia Lolos ke Piala Dunia 2018 Usai Kalahkan Honduras 3-1
Timnas Australia berfoto sebelum pertandingan. FOTO/REUTERS
15 November, 2017 dibaca normal 1 menit
Tiga gol Australia dicetak oleh Mile Jedinak.
tirto.id - Australia berhasil mengalahkan Honduras dengan skor 3-1 di leg kedua playoff Piala Dunia 2018, Rabu (15/11/2017), kemenangan itu sekaligus mengantarkan Australia lolos dalam Piala Dunia di Rusia pada tahun depan.

Australia berhasil mencetak kemenangan melalui gol kapten Mile Jedinak pada menit ke-53, yang membuat mereka unggul 1-0. Selang 19 menit kemudian, Socceroos berhasil memperlebar kemenangan menjadi 2-0 melalui gol penalti Jedinak.

Tak lama berselang, tepatnya di menit ke-85, Australia mendapatkan hadiah penalti untuk kedua kalinya. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, tendangan yang diambil Jedinak itu langsung menggetarkan jala gawang. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Namun, diakhir pertandingan, Honduras berhasil mencetak gol melalui sundulan Martinez, dan skor akhir pun berubah menjadi 3-1.

Sebelumnya, penyerang sepakbola asal Australia, Tim Cahill mengalami cedera pergelangan kaki kanan saat timnya, Melbourne City kalah 1-0 dari Sydney FC pada Jumat lalu. Akibatnya, Cahill terancam tidak dapat memperkuat Timnas Australia dalam pertandingan playoff Pilada Dunia 2018 di Hondoras.

Namun demikian, Federasi Sepak Bola Australia (FFA) pada Minggu (5/11/2017) mengumumkan tetap akan membawa Cahill dalam pertandingan playoff Piala Dunia 2018 tersebut.

Skuad Timnas Australia akan bertolak pada Minggu waktu setempat. Namun FFA mengatakan, Cahill sebagai pencetak gol terbanyak Socceroos itu akan menyusul penerbangan pada Senin besok.

“Cahill menunda keberangkatan ke Honduras sebagai bagian dari proses pemantauan dan rehabilitasi yang telah dilakukan atas cedera pergelangan kaki,” kata FFA dalam sebuah pernyataannya, seperti dikutip dikutip Antara dari AFF.

Mantan penyerang Everton itu mengalami cedera pergelangan kaki kanan saat Melbourne City kalah 1-0 dari Sydney FC pada Jumat.

Sementara itu, Cahill (37) baru dinyatakan benar-benar mengalami cedera kaki pada Sabtu, sehingga memerlukan perawatan dan pemantauan lanjutan sebelum diputuskan untuk bermain.

Cahill mencetak dua gol yang memastikan Socceroos mengalahkan Suriah dalam pertandingan playoff Piala Dunia 2018 zona Asia bulan lalu. Cahill pun menjadi satu-satunya striker andalan Timnas Australia.

Walaupun usianya tak muda, namun Cahill sudah mencetak 50 gol dalam 103 laga internasional untuk Australia.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - ale/ale)

Keyword