Asosiasi Sepakbola Cina Batasi Jumlah Pemain Asing

Oleh: Agung DH - 16 Januari 2017
Asosiasi sepakbola Cina keluarkan aturan baru untuk batasi pemain asing. Rencana ini membuat klub kalang kabut.
tirto.id - Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) pada Senin (16/1/2017) dikabarkan akan membatasi jumlah pemain asing yang dibolehkan bermain di liga Cina pada musim 2017. Aturan baru tersebut membuat rencana klub-klub Liga Super China yang akan merekrut pemain asing menjadi berantakan.

"Dalam rangka mewujudkan 'Rencana Umum Reformasi dan Pengembangan Sepak Bola China' dan demi kemanfaatkan pengembangan secara keseluruhan sepak bola Cina dan para pemain lokal Cina, untuk meningkatkan kualitas tim nasional dan menjaga liga profesional tetap sehat, stabil dan ada di jalan yang konsisten, CFA telah menyesuaikan aturan-aturan Liga Super China 2017 dan Liga Cina," sebut CFA seperti dikutip Antara dari ESPN.

Dalam pernyataan pada laman resminya, CFA mengumumkan bahwa klub-klub hanya dibolehkan menurunkan maksimal tiga pemain asing dalam setiap pertandingan, dan itu pun harus termasuk pemain asing dari wilayah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Sebelumnya tim-tim dibolehkan menurunkan seorang pemain asing asal Asia ditambah tiga pemain asing non Asia, namun satu dari empat jatah itu kini diharuskan diberikan kepada pemain muda Cina di bawah usia 23 tahun.

Tidak itu saja, klub-klub juga diwajibkan memasukkan pemain Cina U-23 satunya lagi dalam skuad mereka.

Transfer-transfer pemain yang sedang dijajaki sejumlah klub Cina pun menjadi kacau balau. Salah satunya rencana Liaoning Whowin mendatangkan pemain Timnas Australia James Holland.

CFA menyatakan akan terus memonitor kegiatan transfer oleh klub-klub Cina yang telah menggebrak dunia karena melakukan pembelian lima pemain asing dalam harga gila-gilaan pada 12 bulan terakhir, termasuk mendatangkan pemain Brasil yang sebelumnya bermain di Chelsea, Oscar, yang dibeli pada 60 juta poundsterling oleh Shanghai SIPG.

Baca juga artikel terkait LIGA CINA atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH