Jadwal Voli Hari Ini

Asian Volleyball Championship 2021: Jadwal, Peserta, Hasil Drawing

Oleh: Fitra Firdaus - 8 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Asian Volleyball Championship 2021 pada 12-19 September, diisi 16 tim peserta termasuk Jepang dan Iran. Berikut hasil drawing dan sistem turnamen.
tirto.id - Jadwal Kejuaraan Voli Putra Asia (Asian Men's Volleyball Championship) 2021 di Chiba dan Funabashi, Jepang akan digelar sejak Minggu, 12 September 2021 hingga Minggu, 19 September 2021 atau sepekan penuh. 16 tim peserta termasuk tuan rumah Jepang akan berpartisipasi di kejuaraan 2 tahunan Asian Volleyball Confederation (AVC) ini.

"Total 16 tim akan tampil di Kejuaraan Bola Voli Asia Senior Putra Edisi ke-21 sepanjang 12 hingga 19 September di Chiba, Jepang, bersaing untuk 2 slot di Kejuaraan Dunia Bola Voli FIVB Putra tahun depan di Rusia," keterangan di laman resmi AVC pada Selasa (7/9/2021).

Jepang dipilih sebagai tuan rumah kejuaraan setelah menunggu selama 38 tahun. Terakhir kali negara ini jadi penyelenggara Asian Volleyball Championship adalah pada 1983 di Tokyo, dalam edisi ke-3 turnamen tersebut.

Jepang akan menurunkan para pemain terbaik mereka, termasuk Taishi Onodera (JT Thunders), kapten Yuki Ishikawa (Power Volley Milano, hingga Ran Takahashi (Nippon Sport Science University) yang memperkuat tim di Olimpiade 2020 Tokyo.

Sementara itu, Iran datang sebagai juara bertahan. Tim asuhan Behrouz Ataei adalah pemenang Asian Volleyball Championship 2019 yang digelar di kandang sendiri, Teheran. Kala itu, Iran mengandaskan perlawanan Australia di partai final dengan skor telak 3-0 (25-14, 25-17, dan 25-21).

Tahun ini perebutan gelar juara akan lebih ketat, meskipun dalam 20 edisi terakhir Asian Volleyball Championship, hanya ada 5 pemenang. Jepang menjadi juara terbanyak dengan 9 gelar diikuti oleh Korea Selatan (4 gelar), Cina (3 gelar), Iran (3 gelar) dan terakhir Australia (1 gelar).

Final ideal akan mempertemukan Jepang vs Iran pada 19 September 2021 mendatang pukul 18.00 JST. Namun, tidak ada yang dapat memprediksi kekuatan tim-tim lain.


Daftar Tim Peserta Asian Volleyball Championship 2021


Total 16 tim yang masuk di Asian Volleyball Championship 2021 terdiri dari 1 tuan rumah (Jepang), 10 tim yang berdasarkan peringkat terakhir mereka di edisi terakhir (Asian Volleyball Championship 2019), dan 5 tim yang berasal dari 5 zona AVC (Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Barat).

Karena Jepang adalah tuan rumah sekaligus masuk 10 besar Asian Volleyball Championship 2019, slot mereka dilimpahkan ke tim peserta berdasarkan zona. Dalam hal ini, 3 wakil Asia Barat lolos, sedangkan Asia Timur, Asia Tengah, dan Asia Tenggara hanya diwakili 1 tim.

Berikut daftar tim peserta Asian Volleyball Championship 2021.

Jepang
Iran
Australia
Korea Selatan
Taiwan (Cina Taipei)
Cina
Pakistan
India
Qatar
Kazakhstan
Hong Kong
Thailand
Bahrain
Arab Saudi
Kuwait
Uzbekistan

Hasil Drawing Grup Asian Volleyball Championship 2021


Berikut ini hasil drawing (undian) pembagian grup Asian Volleyball Championship 2021, dengan 16 tim yang berlaga dikelompokkan ke dalam Pool A hingga Pool D.

Pool A: Jepang, India, Qatar, Bahrain
Pool B: Iran, Pakistan, Thailand, Hong Kong
Pool C: Australia, Cina, Uzbekistan(*), Kuwait
Pool D: Korea Selatan, Kazakhstan, Taiwan, Arab Saudi

(*)Uzbekistan menggantikan Sri Lanka yang sebelumnya lolos dari babak kualifikasi Asia Tengah 2021. Sri Lanka mundur dari turnamen karena para pemain dan staf mereka positif Covid-19.

Sistem Turnamen Asian Volleyball Championship 2021


Total 16 tim yang berpartisipasi di Asian Volleyball Championship 2021 terbagi ke dalam 4 pool. Mereka akan bertanding 3 kali alias bertemu dengan semua tim di pool.

Setelah itu, 2 tim teratas Pool A dan Pool C akan masuk ke Pool E, sedangkan 2 tim teratas Pool B dan Pool D masuk ke Pool F.

Sementara itu, 2 tim terbawah Pool A dan Pool C masuk Pool G, lalu 2 tim terbawah Pool B dan Pool D menghuni Pool H.

Total 8 tim di Pool E dan F melaju ke babak perempat final. Dari fase 8 besar tersebut, turnamen akan menggunakan format sistem gugur hingga partai final.

Sementara itu, 2 tim teratas di Pool G dan H (sejumlah 4 tim) akan bertarung untuk memperebutkan peringkat 8 hingga 12. Sedangkan 2 tim terbawah di Pool G dan H (sejumlah 4 tim) bersaing untuk posisi 13 hingga 16.

Persaingan akan sangat ketat bahkan hingga ke partai final, karena hanya 2 tim teratas Asian Volleyball Championship 2021 saja yang berhak melaju ke putaran final Kejuaraan Dunia (World Championship) FIVB pada 2022.

Baca juga artikel terkait BOLA VOLI atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight