Arsenal Kalahkan Napoli 2-0 di Leg Pertama, Emery: Peluang 50-50

Oleh: Audy Muhammad Lanta - 12 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meski Arsenal menang 2-0 atas Napoli di leg pertama perempat final Liga Eropa, Unai Emery menegaskan, peluang timnya dengan lawan asal Italia masih 50-50.
tirto.id - Arsenal memang berhasil mengalahkan Napoli 2-0 dalam leg pertama perempat final Liga Eropa pada Jumat (12/4/2019). Namun, manajer Meriam London, Unai Emery, belum mau sesumbar timnya bakal mulus melaju ke semifinal. Baginya, peluang kedua tim masih seimbang, 50 berbanding 50.

“Penampilan mereka (Napoli) di kandang biasanya sangat tangguh. Kami menyusun rencana untuk memenangkan pertandingan, tetapi kami harus sangat menghormati mereka. Peluang masih 50-50. Tantangan kami adalah bisa kompetitif di laga tandang. Terkadang saat bertandang kami kehilangan semangat yang dimiliki saat bertanding di kandang,” kata Unai Emery dikutip dari BBC.

Aaron Ramsey mencetak gol pembuka Arsenal di laga kontra Napoli pada menit ke-16. Dengan gol tersebut, terhitung sejak awal musim lalu, Ramsey telah terlibat langsung dalam 8 gol Arsenal di Liga Eropa, dengan rincian mencetak 6 gol dan menciptakan 2 assist, catatan yang lebih banyak daripada pemain The Gunners lainnya.

Di sisi lain, pengaruh penting Ramsey untuk gol-gol Arsenal di Eropa ini jadi masalah serius pada kemudian hari. Pasalnya, musim depan sang gelandang Wales akan berseragam Juventus.



Ditambah dengan pertandingan pada Jumat (12/4/2019), Arsenal dan Napoli baru berhadapan sebanyak 3 kali di level Eropa.

Sebelumnya, kedua tim berjumpa dalam laga kandang dan tandang di babak penyisihan grup Liga Champions pada musim 2013/14. Arsenal menang dengan skor 2-0 di Emirates, kemudian kalah dengan skor yang sama saat bertandang ke Stadion San Paolo.

Jika melihat rekor pertemuan itu, sesuai ucapan Unai Emery, peluang memang tampak masih 50-50. Bukan tidak mungkin, Napoli mengulang skor yang sama seperti saat terakhir kali menjamu Arsenal di San Paolo.

Arsenal lolos 8 kali dari 9 kali pertandingan di babak sistem gugur kompetisi Eropa, ketika mereka memenangi leg pertama. Satu-satunya perkecualian, terjadi di 16 besar Liga Champions 2010/2011 lawan Barcelona. Ketika itu, meski sempat menang 2-1 di leg pertama, saat bertandang ke Camp Nou, Meriam London dipukul oleh Barca dengan skor 3-1.

Baca juga artikel terkait LIGA EUROPA atau tulisan menarik lainnya Audy Muhammad Lanta
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Audy Muhammad Lanta
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Audy Muhammad Lanta