Pameran Otomotif GIIAS 2017

Apa Saja yang Baru dan Cuma Polesan di GIIAS 2017?

Oleh: Suhendra - 11 Agustus 2017
Dibaca Normal 2 menit
GIIAS 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus 2017 menjadi ajang peluncuran mobil “terbaru” para APM maupun produsen mobil.
tirto.id - Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung 10-20 Agustus 2017 menjadi ajang peluncuran mobil “terbaru” para APM maupun produsen mobil. Pihak panitia GIIAS 2017 sudah jauh-jauh hari mengklaim akan menghadirkan sedikitnya 40 model mobil teranyar. Namun, apakah semua model itu benar-benar sebagai produk baru?

Produk yang paling baru di GIIAS tentu saja Mitsubishi Xpander. Xpander yang diluncurkan pada hari pertama GIIAS 2017, Kamis (10/8/2017) merupakan world premiere yang diluncurkan di Indonesia. Xpander yang dahulunya berawal dari MX-Concept sudah digadang-gadang sejak tahun lalu.

Penelusuran Tirto dari booth ke booth GIIAS 2017 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (10/8/2017), beberapa mobil lainnya memang produk global dan model baru kali pertama diperkenalkan di Indonesia antara lain mobil MPV Wuling Confero S dan Suzuki Baleno Hatchback. Kedua model ini masing-masing dibanderol untuk Confero tipe C Rp150,9 hingga Rp162,9 juta untuk tipe L dan Baleno Hatchback dengan harga Rp195 juta untuk transmisi manual.

Selain itu, selebihnya beberapa produk yang sudah ada dan versi baru dari model sebelumnya. Penguasa pasar Toyota misalnya, menghadirkan All New Voxy yang merupakan penerus dari NOAH dan NAV1. Mazda juga menghadirkan model terbaru mereka melalui All New Mazda CX-5 yang merupakan perubahan signifikan dari versi pertama di 2012 lalu. Mesin yang diusung All New Mazda CX-5 berkapasitas 2500 cc harus ditebus dengan harga Rp526,8 juta (tipe GT) dan Rp548,8 juta (tipe Elite) semuanya on the road.

Di segmen mobil Eropa, Audi punya andalan mereka dengan meluncurkan compact SUV All New Audi Q5. Mobil ini harus ditebus Rp1,45 miliar (on the road).

Di segmen mobil premium, All-new 520d Luxury Line jadi model terbaru BMW. Mobil ini sudah dirakit secara lokal di Indonesia.

Bagaimana dengan kategori “New”, Toyota mengeluarkan SUV andalan mereka dengan kemasan New Fortuner TRD. Perubahan yang paling mencolok dari Fortuner adalah tampak depan termasuk grill yang berbeda jauh dari sebelumnya. Pemain mobil Eropa VW juga menghadirkana New Tiguan, segmen mobil SUV yang mampu menyemburkan tenaga 150 bhp ini dibanderol dengan harga Rp590 juta (off the road). Audi menghadirkan New model mereka lewat compact hatchback New Audi A3 dengan harga Rp550 juta (off the road).

Pemain mobil Korea, Hyundai menampilkan dua model “New” untuk segmen city car dan MPV yaitu New Hyundai Grand i10 dan New Hyundai H-1. New Hyundai H-1 tersedia dalam 2 pilihan yaitu Gasoline 2.4 MPI dan Diesel 2.5 CRDi-eVGT, dalam rentang harga Rp421,75 juta hingga Rp587 juta.

Sedangkan New Hyundai Grand i10 tersedia dalam dua varian yaitu New Hyundai Grand i10X dan New Hyundai Grand i10 GLX dengan harga dari Rp170,5 juta hingga Rp197 juta.

Bagaimana dengan Honda? Di ajang GIIAS 2017 Honda hanya menambah daftar line up dengan menghadirkan Honda Civic Type R. Sedan yang lebih condong sebagai kendaraan sport ini masih diimpor utuh dengan dibanderol Rp997 juta on the road. Honda menyebutnya sebagai model Civic Type R yang menggendong mesin 2.0 liter VTEC Turbo merupakan yang pertama secara resmi dijual di Indonesia.

Selain itu, Honda menghadirkan New Honda Brio RS CVT Special Edition dan New Honda HR-V 1.5L E CVT. Sementara itu, Mercedes-Benz memperkenalkan empat model baru yaitu E 300 Coupe, AMG E 43, AMG GT R, dan New E 350 e dengan teknologi plug-in hibrida.

Beberapa APM lainnya hanya melakukan “polesan” model lama dengan dikemas dengan special edition. Misalnya Daihatsu memamerkan model Xenia Special Edition, Terios Special Edition, Luxio Special Edition, Sigra Special Edition, dan Sirion Special Edition yang tampil elegan dengan nuansa putih dan tersedia hanya 110 unit, terkait perayaan 110 tahun Daihatsu secara global.

Bahkan beberapa APM seperti Nissan, Datsun sama sekali tak menampilkan produk baru di ajang barometer industri otomotif Indonesia ini. Sedangkan Isuzu, hanya memoles MU-X dengan kemasan konsep rally dan Isuzu D-Max Rodeo dengan konsep Hotwheels Theme.

Namun bila diperas dari semua model baru yang disajikan oleh 32 APM peserta GIIAS 2017, keberadaan Mitsubishi Expander adalah pendatang baru dan produk baru yang sesungguhnya dengan menyandang sebagai world premier yang hadir di Indonesia. Sehingga tak mengherankan peluang Xpander sebagai “bintang” GIIAS 2017 jadi sesuatu yang tak mengherankan.

Baca juga artikel terkait GIIAS 2017 atau tulisan menarik lainnya Suhendra
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Suhendra
Penulis: Suhendra
Editor: Suhendra
DarkLight