Apa Saja Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa?

Kontributor: Cicik Novita, tirto.id - 24 Jan 2023 11:33 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengetahui apa saja manfaat mewarnai bagi orang dewasa?
tirto.id - Mewarnai adalah suatu kegiatan seni dalam melatih kreativitas untuk memberikan suatu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk atau pola gambar yang indah.

Biasanya, mewarnai dilakukan pada anak-anak untuk melatih kreativitasnya. Namun, ternyata mewarnai juga bisa dilakukan oleh orang dewasa.

Manfaat mewarnai bagi orang dewasa juga cukup banyak. Kini mewarnai telah jadi kegiatan populer dan disarankan untuk dewasa sebab dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental.


Bedanya ada pada pola dan desain gambar, anak-anak mewarnai buku dengan karakter kartun yang mudah, sementara orang dewasa mengerjakan pola seni, mandala atau karakter rumit lain.

Apabila sulit menemukan buku khusus untuk mewarnai bagi dewasa, maka banyak pola dan desain yang bisa temukan lalu di print secara online.

Apa manfaat mewarnai bagi orang dewasa


  • Melatih fokus dan konsentrasi

Mewarnai akan melatih kemampuan untuk fokus dan meningkatkan kesadaran diri. Ketika sedang berkonsentrasi pada pilihan warna dan menjaganya untuk tidak keluar dari garis pola, maka fokus dan kesadaran diri akan meningkat.

Anda tidak lagi peduli dengan suara di sekeliling karena lebih fokus pada kegiatan mewarnai. Jika pikiran melantur maka segera kembalikan kesadaran pada kegiatan tersebut. Ketika sedang mewarnai, bagian otak yang digunakan terlatih untuk fokus, lalu melepaskan diri dari masalah lain yang mengganggu.

  • Mengurangi stres dan anxiety

Merujuk pada situs MayoClinic, membantu mengurangi stres adalah manfaat lain dari kegiatan mewarnai, sebab otak dan tubuh menjadi lebih rileks. Kualitas tidur bertambah, menenangkan jantung, pernapasan teratur, juga melepas penat dan anxiety (kecemasan).


Memang mewarnai bukan obat paten bagi stres dan anxiety, namun kegiatan ini akan meringankan penderita masalah mental tersebut.

Sebuah penelitian di tahun 2017 dilakukan, dan peneliti yang secara acak memberikan pada sejumlah 104 orang mahasiswi untuk mewarnai dan menyelesaikan puzzle. Partisipan melakukan dua kegiatan itu selama satu pekan, dan hasilnya memperlihatkan adanya penurunan kadar kecemasan dan depresi dibanding pada awal penelitian, laman HealthLine melansir.

Lebih lanjut, hasil senada juga diperoleh pada penelitian di tahun 2012 yang menampakkan efek menenangkan stres yang diperoleh untuk penggunaan warna biru dan pink.

Michele Goldman, psikolog dan Penasihat Media Hope for Depression Research Foundation mengatakan gerakan mewarnai yang berulang terbukti mampu membantu menenangkan untuk orang dengan tingkat stres tinggi.

  • Mengalihkan perhatian (distraksi)

Mewarnai dapat membantu mengalihkan perhatian jangka pendek, sehingga otak dapat beristirahat sejenak dari stres dan tekanan yang sedang dialami. Mengabaikan masalah berat untuk sementara waktu, misalnya 10-20 menit saja, terbukti baik bagi kesehatan.

  • Membantu bermeditasi

Mewarnai termasuk kegiatan yang meningkatkan kemampuan bermeditasi. Dengan meditasi maka Anda terbantu untuk lebih mudah mempertajam fokus, meningkatkan konsentrasi dan kesadaran diri terhadap lingkungan.

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat kesehatan yang diperoleh dari mewarnai adalah menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh, juga meningkatkan kualitas tidur.

  • Tingkatkan kemampuan motorik

Salah satu alasan mengapa anak dan balita diberi kegiatan mewarnai adalah untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Manfaat ini juga berlaku untuk orang dewasa, terutama untuk memperlambat proses penuaan dan membantu mengurangi tremor atau gemetar pada tangan.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight