tirto.id - Penelitian etnografi adalah riset yang menggunakan pendekatan secara langsung atau studi lapangan. Bagian-bagian terpenting dari etnografi adalah teknik utama untuk menggunakan pengamatan terlibat dengan teknik-teknik yang sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Menurut jurnal penelitian yang ditulis oleh Koeswinarno dengan judul Memahami Etnografi ala Spradley (2015: 260), etnografi menjadi bagian penting dari antropologi. Sehingga, dengan cara yang sama dapat dikatakan bahwa etnografi, pengamatan terlibat, dan antropologi merupakan bagian yang selalu menyatu.
Bahkan Spradley menjelaskan bahwa etnografi merupakan pekerjaan untuk menjelaskan sebuah budaya. Lebih lanjut, tujuan utama dari etnografi adalah untuk memahami cara hidup orang lain dari perspektif mereka sendiri. Membaca kebudayaan dengan cara belajar dari masyarakat merupakan hal penting dari etnografi.
Peneliti di dalam etnografi menjadi seorang pelajar, sedangkan masyarakat di mana kebudayaan yang sedang diteliti adalah sebagai gurunya. Dengan kata lain, etnografi dengan pengamatan terlibat merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan.
Teknik Analisis dalam Penelitian Etnografi
Menurut Puji Lestari dalam buku Antropologi 2 : Untuk SMA dan MA Kelas XII (2007:145), terdapat empat tahap dalam melakukan analisis data dalam penelitian etnografi, yaitu sebagai berikut:
1. Analisis Domain
Analisis domain dilakukan terhadap data yang diperoleh dari pengamatan berperan serta atau wawancara dan pengamatan deskriptif yang terdapat dalam catatan lapangan. Pengamatan deskriptif berarti mengadakan pengamatan secara menyeluruh terhadap sesuatu yang ada dalam latar penelitian.
Dalam melakukan analisa domain ini data yang didapat sudah melalui pengecekan ulang dulu sehingga tidak terjadi pengulangan-pengulangan dalam menganalisis. Kegiatan pengecekan ulang inilah dimaksud juga untuk memvaliditaskan data-data yang didapat. Dalam penelitian etnografi ada enam tahap untuk melaksanakan analisis domain, yaitu sebagai berikut.
- Memilih salah satu hubungan semantik yang tersedia
- Menyiapkan lembar analisis domain
- Memilih salah satu sampel catatan lapangan yang dibuat terakhir untuk memulainya
- Mencari istilah acuan dan istilah bagian yang cocok dengan hubungan semantik dari catatan lapangan
- Mengulangi usaha pencarian domain sampai semua hubungan semantik habis
- Membuat daftar yang ditemukan (teridentifikasi). Keenam tahapan ini dijadikan sebagai acuan dalam melakukan analisis di lapangan agar hasil dari laporan penelitian mampu menggambarkan kejadian-kejadian di lapangan
2. Analisis Taksonomi
Setelah selesai analisis domain, dilakukan pengamatan dan wawancara terfokus berdasarkan fokus yang sebelumnya telah dipilih peneliti. Analisis ini sudah memasuki pada penyusunan matrik penelitian. Data hasil wawancara terpilih dimuat dalam catatan lapangan yang terdapat di buku lampiran.
Dalam analisis ini terdapat tujuh langkah yang harus dilalui oleh peneliti etnografi. Ketujuh langkah ini adalah sebagai berikut:
- Memilih satu domain untuk dianalisis
- Mencari kesamaan atas dasar hubungan semantik yang sama yang digunakan untuk domain itu
- Mencari tambahan istilah bagian
- Mencari domain yang lebih besar dan lebih inklusif yang dapat dimasukan sebagai sub bagian dari domain yang sedang dianalisis
- Membentuk taksonomi sementara
- Mengadakan wawancara terfokus untuk mengecek analisis yang telah dilakukan
- Membangun taksonomi secara lengkap
3. Analisis Komponen
Analisis ini dilakukan setelah analisis taksonomi sudah selesai secara benar. Dalam analisis ini peneliti melakukan wawancara atau pengamatan terpilih untuk memperdalam data yang telah ditemukan melalui pengajuan sejumlah pertanyaan kontras. Data hasil wawancara terpilih dimuat dalam catatan lapangan-lapangan yang terdapat dalam buku lampiran.
Dalam analisis komponen ini terdapat delapan langkah yang harus dilalui oleh peneliti etnografi, yaitu sebagai berikut:
- Memilih domain yang akan dianalisis
- Mengidentifikasi seluruh kontras yang telah ditemukan
- Menyiapkan lembar paradigma
- Mengidentifikasi dimensi kontras yang memiliki dua nilai
- Menggabungkan dimensi kontras untuk ciri yang tidak ada
- Menyiapkan pertanyaan kontras untuk ciri yang tidak ada
- Mengadakan pengamatan terpilih untuk melengkapi data
- Menyiapkan paradigma lengkap
4. Analisis Tema
Analisis tema merupakan seperangkat prosedur untuk memahami secara holistik lanskap yang sedang diteliti. Dalam analisis ini terdapat tujuh langkah yang harus dilalui oleh peneliti etnografi, yaitu:
- Melebur diri
- Melakukan analisis komponen terhadap istilah acuan
- Menemukan perspektif yang lebih luas melalui pencarian domain dalam pandangan budaya
- Menguji dimensi kontras selurus domain yang telah dianalisis
- Mengidentifikasi domain terorganisir
- Membuat gambar untuk memvisualisasi hubungan antar domain
- Mencari tema universal yaitu kontradiksi budaya
Penulis: Abraham William
Editor: Ibnu Azis