Valentine's Day 2023

Apa itu Valentine Week 2023: Hari Mawar hingga Hari Teddy Bear

Kontributor: Citra Sari, tirto.id - 13 Feb 2023 21:12 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Mengenal Valentine Week 2023, dari hari mawar, hari Teddy Bear, hingga Valentine's Day.
tirto.id - Hari kasih sayang atau dikenal dengan hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari selalu diperingati sejumlah pasangan di seluruh dunia.

Mereka merayakannya dengan saling memberikan bingkisan hadiah sebagai bentuk kasih sayang.

Hari Valentine merupakan perayaan penghormatan untuk Santa Valentine, seorang pendeta yang dikenal penuh kasih.

Pada jaman kerajaan Kaisar Claudius II pada abad ketiga Masehi, St. Valentine pernah ditahan karena membatu pasangan muda untuk menikah. Yang sebenarnya pernikahan itu dilarang olah sang Kaisar.

Valentine kemudian ditangkap dan dipenjara, karena perbuatannya yang dinilai melawan hukum dan perintah Raja pada saat itu.

Dia dirajam batu sebelum akhirnya dijatuhkan hukuman penggal diluar gerbang FLaminia.

Legenda lain menceritakan sosok St.Valentine yang telah jatuh cinta dengan putri sipir penjara dan mengirimkan surat cinta pada tanggal 14 Februari sebagai ungkapan perasaanya dan ucapan perpisahan sebelum di eksekusi mati.

Saat itu, Valentine mengenakan mahkota bunga tengkorak yang diletakkan di Chiesa di Santa Maria di Cosmedin, Plaza Bosca de Ila Verita, Roma.

Sejak kejadian itu, masyarakat menganggap tempat tersebut sebagai situs suci yang mengisahkan tentang keabadian dan pengorbanan cinta.

Pengorbanan Valentine lantas menjadikanya sebuah kisah paling romantis dan untuk mengenangnya, diperingatilah hari Valentine atau hari kasih sayang.

Namun tahukah Anda, jika Hari Valentine itu berlangsung dari tanggal 7 Februari hingga tanggal 14 Februari atau disebut dengan Valentine week, demikian dilansir Jagran Josh.

Dalam jurnal urbanaffairskerala, Valentine Week akan sangat dinanti-nanti.

Di bawah ini merupakan informasi daftar lengkap Valentie Week 2023, yang mana akan diawali dengan Rose Day pada tanggal 7 Februari yaitu hari di mana pasangan yang penuh kasih mendapatkan cinta mereka secara romantis sepanjang minggu.

Berikut ini daftar lengkap Valentine Week untuk Anda :

1. Rose Day atau hari mawar

HARGA BUNGA MAWAR NAIK JELANG VALENTINE
Calon pembeli memilih bunga mawar di kawasan Pusat Bunga Kota Baru, Yogyakarta, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.


Minggu Valentine atau Valentine week dimulai dari hari mawar pada tanggal 7 Februari.

Pada hari mawar, para pasangan menunjukkan kesegaran cinta dan keharuman dengan pertukaran bunga mawar. Simbol bunga mawar ini dilambangkan sebuah gairah dan cinta.

2. Propose Day

Ilustrasi Dinner Bersama Pasangan
Ilustrasi melamar kekasih saat makan malam bersama. (FOTO/iStockphoto)


Pada tanggal 8 Februari Anda akan merayakan sebagai hari Lamaran. Jika Anda memang mencintai pasangan, dan ingin bersamanya seumur hidup, maka hari propose day sangat baik untuk Anda.

Untuk itu, aturlah makan malam yang romantis dan lamarlah pasangan yang Anda cintai, untuk membuatnya terkesan.

3. Hari Cokelat

Ilustrasi Valentine
Ilustrasi Cokelat Valentine. foto/istockphoto


Chocolate day atau hari cokelat dirayakan pada tanggal 9 Februari. Hari ini cocok untuk Anda memberikan sekotak cokelat kepada pasangan Anda.

Sebuah kepercayaan kuno mengatakan, berbagi cokelat akan mempererat hubungan seorang kekasih.

4. Teddy Day

 Ilustrasi Gom Se Mari
Ilustrasi 3 Bears. foto/istockphoto


Pada tanggal 10 Februari juga dirayakan sebagai hari Teddy, yaitu kamu bisa memberikan boneka beruang kepada kekasihmu, agar kapan pun kekasihmu memeluk boneka itu, dia dapat mengingatmu.

Dengan begitu dia akan merasakan diri Anda sepanjang waktu.

5. Promise Day

Ilustrasi lamaran
Ilustrasi lamaran. FOTO/iStockphoto


Promise Day atau hari janji, akan jatuh pada 11 Februari, dimana Anda akan membuat janji atau komitmen kepada pasangan atau kekash Anda.

Sebenarnya hari janji adalah cara Anda membuat kontrak atau perjanjian dengan pasangan hidup Anda.

6. Hug Day

Ilustrasi berpelukan
Ilustrasi berpelukan. FOTO/Carla Axtman


Hari berpelukan yang jatuh pada tanggal 12 Februari ini, adalah cara yang sangat indah untuk memberikan cinta kepada kekasih Anda.

Dengan memberikan pelukan hangat, erat dan penuh kasih sayang merupakan bentuk mendekatkan dan meyakinkan mereka atas cintamu.

7. Kiss Day

Ilustrasi siluet ciuman
Ilustrasi siluet ciuman. FOTO/Istockphoto


Hari ciuman atau kiss day diperingati pada tanggal 13 Februari. Hari ciuman memiliki arti untuk memberikan hubungan yang lebih mendalam, Anda akan mendapatkan tanda-tanda komintmen dan keintiman melalui ciuman.

8. Hari Valentine

PERNIK VALENTINE
Ilustrasi Valentine's Day. antara foto/wira suryantala/nym/pd/16.


Ini adalah hari dalam rangkaian valentine week, yakni Valentine Day yang jatuh pada tanggal 14 Februari.

Di sini Anda akan menemukan romansa dan cinta yang berlimpah. Hari ini akan menjadi momen bertukar hadiah yang tak terlupakan bagi pasangan Anda.

Makan siang romantis dan tamasya berkesan bisa menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu Bersama pasangan di hari terakhir pekan Valentine 2023.


Baca juga artikel terkait VALENTINE WEEK atau tulisan menarik lainnya Citra Sari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Citra Sari
Penulis: Citra Sari
Editor: Dhita Koesno

DarkLight