Apa Itu NISN dan NPSN yang Digunakan untuk Daftar SNMPTN 2020?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
NISN dan NPSN dibutuhkan untuk mendaftar SNMPTN 2020 di LTMPT.
tirto.id - Pendaftaran SNMPTN 2020 telah dibuka pada 2 Desember 2019. Proses pendaftaran SNMPTN ini dimulai dari pembuatan akun atau registrasi akun di portal.ltmpt.ac.id. Sekolah dan siswa yang hendak mengikuti SNMPTN 2020 harus melakukan registrasi akun di LTMPT.

Untuk melakukan pendaftaran, sekolah dan siswa membutuhkan NISN dan NPSN. Apa itu NISN dan NPSN? NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sedangkan NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional.

Jika sekolah atau siswa belum mengetahui NISN atau NPSN-nya bisa mengecek sendiri secara online. Untuk mengecek NPSN, bisa dilakukan lewat cara sebagai berikut ini.
  1. Buka laman referensi.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Master Pendidikan
  3. Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  4. Klik nama provinsi
  5. Klik nama kabupaten
  6. Klik nama kecamatan
  7. Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah
  8. Angka NPSN juga bisa diklik untuk mengetahui alamat detail sekolah

Untuk bisa mengecek NISN bisa dilakukan dengan cara berikut ini.
  1. Akses laman nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Siswa (kiri layar)
  3. Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama
  4. Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu

Setelah mengetahui NISN dan NPSN, sekolah dan siswa membuka laman portal.ltmpt.ac.id. Kemudian, akan ada pilihan daftar untuk Sekolah dan Siswa. Pilih menu sekolah jika Anda adalah kepala sekolah atau operator sekolah yang memiliki NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS. Pilih menu Siswa ini jika Anda adalah siswa yang memiliki NISN.

Untuk mendapatkan akun sekolah di LTMPT, masukkan kombinasi NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS.Untuk mendapatkan akun siswa di LTMPT, masukkan kombinasi NISN, NPSN, dan tanggal lahir.

Registrasi akun LTMPT merupakan kebijakan baru penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 yang disebut Single Sign On (SSO). Tak hanya untuk SNMPTN, kebijakan ini juga berlaku untuk UTBK dan SBMPTN. Setiap sekolah dan siswa harus memiliki akun di LTMPT untuk bisa mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN 2020.

SSO merupakan tahap awal pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020. Kebijakan ini mewajibkan setiap peserta memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun melalui laman portal.ltmpt.ac.id.

Pembuatan akun LTMPT ini menjadi kewajiban bagi sekolah dan siswa yang akan mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN. Khusus bagi sekolah, pembuatan akun LTMPT wajib dilakukan, sebab jika sekolah tidak membuat akun LTMPT maka bisa dipastikan siswanya tidak akan bisa mendaftarkan diri di jalur SNMPTN maupun jalur SBMPTN.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight