Menuju konten utama

Apa Itu Hari Belanja Brand Lokal 2022 yang Digelar 25-27 April?

Hari Belanja Brand Lokal digelar 25-27 April 2022 dengan target 2000 jenama berpartisipasi pada gelaran ini.

Apa Itu Hari Belanja Brand Lokal 2022 yang Digelar 25-27 April?
Ilustrasi belanja online. iStockphoto/Getty Images

tirto.id - Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) kembali digelar pada 25-27 April 2022 dengan menyediakan ribuan brand lokal Indonesia.

Tahun ini, Hari Belanja Brand Lokal ditargetkan menggaet lebih dari 2000 jenama dengan target transaksi mencapai Rp270 miliar.

"Prospek brand lokal untuk tumbuh di negeri sendiri itu sangat terbuka lebar. Apalagi dengan adanya arahan pemerintah untuk Bangga Buatan Indonesia," kata CEO dan pendiri Hypefast, Achmad Alkatiri, dalam konferensi pers, Rabu (20/4/2022).

"Sekarang semakin banyak brand lokal yang muncul, menawarkan produk-produk dengan kualitas terbaik. Pertumbuhan ini pulalah yang membuat Hypefast mendukung acara-acara seperti HBBL ini, karena juga sejalan dengan komitmen Hypefast dalam mendorong pertumbuhan brand lokal di tanah air, salah satunya dengan mendukung acara Hari Belanja Brand Lokal ini.”

Direktur Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Astuti menyambut baik gelaran ini.

“Kami memberikan apresiasi kepada Hypefast selaku pihak penyelenggara yang berkomitmen memberdayakan brand lokal serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memilih produk lokal. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, yang menjadi salah satu usaha nyata dalam memulihkan perekonomian nasional," kata Yuana.

Jenama-jenama lokal yang berpartisipasi pada HBBL 2022 meliputi Roughneck, Nona, Luxcrime, BohoPanna, Cessa, Noore, Skin Soul dan lainnya.

Berdasarkan hasil simulasi dari Badan Pusat Statistik, dampak pembelian produk dalam negeri senilai Rp400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67-1,71 persen. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pun menjadi semangat nyata dalam pemulihan perekonomian nasional.

HBBL merupakan inisiatif brand lokal untuk meningkatkan penjualan online brand lokal Indonesia selama pandemi Covid-19 yang dimulai pada tahun 2020. HBBL 2020 berhasil mengumpulkan 1000 brand lokal dan membantu mereka untuk tetap bertahan selama pandemi.

Misi digelarnya HBBL untuk meningkatkan kesadaran dan mengubah persepsi terhadap brand lokal Indonesia menjadi penggerak dilaksanakannya HBBL 2022.

Baca juga artikel terkait BRAND LOKAL atau tulisan lainnya dari Yantina Debora

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya