Anies Sempat Salah Sebut Jumlah Massa Reuni 212 & Dikoreksi Panitia

Oleh: Haris Prabowo - 2 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat salah sebut jumlah peserta dalam pidatonya di acara Reuni 212 yang berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas).
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat salah sebut jumlah peserta dalam pidatonya di acara Reuni 212 yang berlangsung di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019) pagi.

Awalnya, Anies menyebut jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan itu berjumlah ratusan ribu orang. Ia berharap semua peserta yang hadir bisa menghadirkan pesan damai dan meneduhkan.

"Untuk sekian kalinya, tepatnya ini yang keempat kalinya, Monas menjadi tempat di mana semua berkumpul di lapangan yang besar ini dikirimkan pesan bahwa jumlah peserta bisa banyak. Ratusan ribu berkumpul dari seluruh penjuru, jika sampai di tempat ini pesan yang dikirimkan bahwa semua hadir mengirimkan pesan damai, aman, dan meneduhkan bagi semua," kata Anies dalam pidatonya.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, ratusan ribu yang datang, banyak yang [merasa] khawatir. insyaallah hari ini ketika semua berkumpul maka yang dikirimkan adalah tugas pesan yang sama," lanjutnya.

Namun, tak lama kemudian, ucapan Anies dikoreksi oleh panitia dan dirinya langsung menggantinya kata-kata dalam pidatonya yang menyebut jumlah peserta dengan jutaan orang.

"Jutaan jumlahnya, ya? Jutaan," ucap Anies sambil bertanya kepada panitia Reuni 212.

Anies menambahkan, pihaknya bersyukur bisa memfasilitasi acara Reuni 212 untuk kesekian kalinya. Menurutnya, Monas sebagai tempat bersejarah sudah sepatutnya bisa digunakan untuk sebagai tempat pemersatu umat.

"Monas menjadi tempat di mana semua berkumpul di lapangan yang besar ini dikirimkan pesan bahwa jumlah bisa banyak berkumpul dari seluruh penjuru," ujarnya.

Anies datang sekira pukul 06.15 WIB dan masuk melalui pintu VIP Monas. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menggunakan seragam dinas pegawai negeri sipil (PNS) berwarna coklat dilengkapi peci berwarna hitam.

Kedatangan Anies disambut tepuk tangan dan teriakan takbir dari seluruh peserta akbar Reuni 212 yang hadir. Tak hanya itu, mayoritas peserta juga mengabadikan momen ini dalam jepretan kamera ponsel.

Diketahui, reuni akbar dimulai pukul 03.00 WIB dan akan berakhir pukul 08.30 WIB. Agendanya diawali salat Tahajud, dzikir, salat Subuh bersama, hingga bermunajat kepada Allah SWT.

reuni

Baca juga artikel terkait REUNI 212 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight