Anak Ajaib Indonesia Kembali Masuk Nominasi Grammy Awards

Oleh: Putu Agung Nara Indra - 7 Desember 2016
Dibaca Normal 1 menit
Joey Alexander kembali masuk nominasi Grammy Awards untuk 2017.
tirto.id - Joey Alexander kembali mendapatkan nominasi penghargaan musik bergengsi Grammy Award. Musisi berbakat Indonesia tersebut masuk ke dalam kategori “improvised jazz solo”.

Nominasi ini bukanlah yang pertama bagi Joey. Pada 2016 lalu, ia masuk dalam kategori "improvised jazz solo" terbaik dan album instrumental jazz terbaik. Joey memang akhirnya gagal menyabet penghargaan, namun penampilannya di panggung Grammy menuai pujian dari berbagai pihak.

Meskipun masih berusia 13 tahun, namun kemampuan Joey sudah diakui berkelas internasional. Joey bahkan digelari sebagai “prodigy” atau anak ajaib baru dalam ranah jazz dunia.

Seperti diberitakan NBC News pada 2014, Joey mengaku bahwa dia adalah otodidak. Nama Joey mulai naik ke permukaan saat musisi jazz terkemuka Wynton Marsalis mengundangnya untuk manggung pada acara Jazz at Lincoln Center pada 2014 setelah menyaksikan aksi Joey di YouTube.

Tahun lalu penampilannya pada ajang Grammy mengundang decak kagum, standing ovation, dan disebut NBC News telah menjadi sensasi pada ajang penghargaan musik paling bergengsi di dunia itu.

Menurut NBC News, Marsalis dan komunitas Jazz Amerika jugalah yang membantu Alexander dan orang tuanya mendapatkan visa dan pindah ke New York dari Jakarta.

Tahun lalu, pianis cilik nan brilian itu menjadi nomine Grammy paling muda dalam kategori Jazz. Kini, Alexander yang sekarang berusia 13 tahun kembali dinominasikan meraih Grammy pada kategori "improvised jazz solo".

Album pertama Alexander pada 2015 berjudul "My Favorite Things" sukses memasuki tangga lagu Billboard pada urutan 174, sehingga dia menjadi musisi Indonesia pertama yang masuk tangga lagu terkemuka dunia itu.

"My Favorite Things" masuk kembali pada tangga lagu itu pada Januari 2016, menempati posisi 59. Album barunya, "Countdown," telah dirilis September tahun ini.

Musisi Asia lainnya yang menjadi nomine Grammy 2017 adalah pemain selo Yo-Yo Ma yang sudah mengoleksi 16 Grammy. Kali ini dia mendapatkan dua nominasi berkat kolaborasinya dengan Silk Road Ensemble dan rapper Brandon Paak Anderson.

"I'll Sleep When I'm Dead," sebuah dokumentar tentang musisi Steve Aoki juga menjadi nomine Grammy untuk kategori film musik terbaik.

Apakah Joey akan sukses menyabet Grammy 2017?

Baca juga artikel terkait MUSISI atau tulisan menarik lainnya Putu Agung Nara Indra
(tirto.id - Musik)

Reporter: Putu Agung Nara Indra
Penulis: Putu Agung Nara Indra
Editor: Putu Agung Nara Indra