tirto.id - Peserta yang dinyatakan lulus di Universitas Andalas melalui SBMPTN tahun 2018, yang telah diumumkan pada tanggal 3 Juli 2018 jam 15.00 WIB di http://sbmptn.unand.ac.id atau di http://pengumuman.sbmptn.ac.id diharap melakukan tahapan registrasi.
Tahapan registrasi tersebut terdiri dari pra registrasi online, pembayaran UKT, registrasi online, pemeriksaan kesehatan, verifikasi dokumen, dan pembuatan kartu tanda mahasiswa (KTM).
"Bagi yang tidak melakukan Pra Registrasi online maka UNAND menetapkan UKT pada Level 7," sebagaimana dikutip dari laman resmi Universitas Andalas.
1. Pra egistrasi online dilakukan tanggal 4 – 6 Juli 2018 dengan prosedur sebagai berikut:
- Membuka laman http://pmb.unand.ac.id atau http://ukt.unand.ac.id pilih submenu Pra Pendaftaran pada menu SBMPTN, dengan menggunakan akun :
- username : nomor pendaftaran SBMPTN
- password : tanggal lahir, dengan format hhbbtttt (h = tanggal, b = bulan, t = tahun) tanpa spasi, koma atau garis miring.
- Isikan data sesuai yang diminta dengan benar dan setelah terisi semua lalu klik “simpan” maka akan muncul besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar. (Peringatan bila didapatkan mengisi data tidak benar maka UNAND dapat menggagalkan statusnya sebagai calon mahasiswa).
- Unggah (Upload) dokumen sebagai bukti fisik untuk mendukung data yang diisikan pada point b.
- Untuk pendaftar Bidikmisi juga melakukan pra registrasi dan membayar UKT sesuai hasil Pra Registrasi. Pendaftaran Bidikmisi akan diverifikasi dan jika dinyatakan sebagai penerima Bidikmisi dengan SK Rektor, UKT yang sudah dibayar akan dikembalikan secara kolektif melalui Fakultas.
2. Pembayaran UKT dilakukan tanggal 5 – 10 Juli 2018 pada Bank Nagari (BPD Sumbar) untuk mendapatkan PIN Registrasi.
3.Registrasi online dilakukan tanggal 5 - 10 Juli 2018.
Berikut adalah tata caranya:
- Buka laman http://registrasi.unand.ac.id dengan memasukkan No. Pendaftaran dan PIN (6 digit angka) yang diperoleh dari Bank Nagari (BPD Sumbar);
- Sistem mengeluarkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) secara otomatis;
- Isikan data lengkap sesuai dengan apa yang diminta. Kekurangan data dapat merugikan diri sendiri.
5. Verifikasi dokumen yang dilakukan pada tanggal 11-12 Juli 2018 (sesuai jadwal tiap fakultas).
Kelengkapan dokumen yang harus dibawa :
- Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm (5 lembar)
- Fotocopy bukti pembayaran UKT
- Fotocopy Kartu Bukti Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018
- Fotocopy masing-masing 1 (satu) rangkap :
- Rapor
- Daftar Nilai UN
- Surat Tanda Lulus Ujian Nasional/ Surat Tanda Kelulusan
- Fotocopy dokumen tersebut dilegalisir dan memperlihatkan aslinya;
- Surat Keterangan hasil pemeriksaan kesehatan (bagi program studi tertentu keterangan tidak buta warna mutlak ada) dari Rumah Sakit atau Klinik Pratama Medika Andalas.
- Surat Pernyataan yang telah ditandatangani (formulir didownload dari laman registrasi)
Yang perlu disiapkan (1 rangkap fotocopy dan memperlihatkan aslinya):
- Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan
- Kartu Keluarga (KK)
- Slip pembayaran Rekening Listrik dan/ PAM untuk 2 (dua) bulan terakhir (kalau rumah memiliki listrik dan air PDAM)
- Slip gaji orang tua (jika ada), jika tidak ada boleh surat keterangan penghasilan orang tua dari kelurahan
- Foto kondisi rumah 2 (dua) bagian luar dan 2 (dua) bagian dalam
- Sertifikat prestasi lainnya (kalau ada)
- Kartu Pendaftaran SBMPTN Tahun 2018
- Kartu Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2018
6. Pembuatan kartu tanda mahasiswa (KTM).
Mahasiswa datang ke petugas teller Bank Nagari (BPD Sumbar) di Loket Auditorium pada waktu registrasi untuk memperoleh aplikasi permohonan pembukaan rekening Bank.
Persyaratan pembukaan rekening adalah:
- Mengisi formulir pembukaan rekening Bank Nagari (BPD Sumbar)
- Menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 lembar
- Menyerahkan foto copy tanda pengenal (KTP/SIM) yang masih berlaku
- Membayar setoran awal Rp50.000 (Rp15.000 untuk biaya KTM, dan Rp35.000 untuk tabungan awal)
Editor: Yulaika Ramadhani