Menuju konten utama

Allianz Indonesia Raih Berbagai Penghargaan Digital Selama 31 Tahun

Allianz Utama Indonesia telah menerima berbagai penghargaan terkait inovasi digital selama 31 tahun berdiri. 

Allianz Indonesia Raih Berbagai Penghargaan Digital Selama 31 Tahun
31 Tahun Berdiri, Allianz Utama Indonesia Raih Berbagai Penghargaan terkait Inovasi Digital. foto/Allianz Indonesia/Rilis

tirto.id - Selama 31 tahun berdiri, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) terus meningkatkan layanan terbaik bagi para nasabahnya di seluruh Indonesia dengan menyediakan solusi asuransi umum komprehensif yang mencakup asuransi kendaraan, properti, perjalanan, dan masih banyak lagi.

Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup menantang bagi industri asuransi dan Allianz Utama berusaha beradaptasi dan menyikapi tantangan dan perubahan tren bisnis yang terjadi saat ini dengan mengembangkan sejumlah inisiatif kreatif untuk membuka peluang baru dalam bisnis asuransi.

“Pandemi ini memberikan tantangan yang unik bagi seluruh industry. Namun, bagi kami hal ini merupakan sebuah pendorong agar kami dapat menjadi perusahaan asuransi berbasis digital yang terus berinovasi agar setiap produk dan layanan yang ditawarkan sejalan dengan perubahan perilaku dan kebutuhan nasabah,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, dalam rilis yang diterima Tirto, Rabu (23/12/2020).

Ia menambahkan, “Inovasi yang dijalankan oleh Allianz Utama selalu mengedepankan kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam berasuransi.”

Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Allianz Utama adalah mengembangkan sebuah terobosan baru bagi nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk asuransi kendaraan bermotor dan asuransi perjalanan.

Melalui portal ini, Nasabah dapat merasakan proses pengajuan klaim yang jauh lebih mudah dan status pengajuan klaim dapat dipantau melalui Portal Klaim.

Selain pengembangan portal klaim digital, Allianz Utama juga menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk survei klaim asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti, serta untuk survei penutupan asuransi properti.

Layanan ini mampu menjangkau nasabah di wilayah yang lebih luas dan jauh, dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

Terutama di saat masih harus menerapkan physical distancing, karena nasabah atau mitra bisnis tidak perlu bertemu secara langsung dengan surveyor Allianz. Selain itu, nasabah juga dapat merasakan proses klaim dan penutupan secara lebih efektif dan efisien.

Perjalanan Allianz Utama untuk menjadi perusahaan asuransi yang berbasis digital tidaklah mudah. Proses transformasi yang harus dilewati tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan.

“Kami sadar bahwa, dalam proses transformasi ini kita tidak dapat memuaskan semua pihak. Namun untuk bertahan di industri, berani berubah adalah salah satu kuncinya. Caranya dengan meyakinkan bahwa kami mampu dan berani mewujudkan tujuan, salah satunya dengan membekali SDM di Allianz Utama dengan pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan keahlian, baik secara teknis maupun non teknis,” lanjut Peter.

Selain melakukan pengembangan inovasi digital dan kapasitas SDM, Allianz Utama menggandeng mitra bisnis yang memiliki presence kuat di dunia digital, seperti Gojek, Pasar Polis, dan JD.ID.

Kolaborasi dengan start-up, fintech, market place tersebut menghasilkan produk-produk yang mampu memenuhi lifestyle masyarakat.

Sebagai gambaran, bersama Gojek dan Pasar Polis, Allianz Utama menggagas asuransi mobil dan asuransi layar ponsel melalui fitur GoSure yang ada di aplikasi Gojek dengan pembayaran premi yang dapat menggunakan fitur GoPay.

Melalui kemitraan strategis dengan JD.ID, Allianz Utama menawarkan manfaat Extended Warranty yaitu penjaminan perpanjangan masa garansi selama 2 tahun; serta Return Shipment Protection yang memberikan jaminan atas biaya pengiriman yang dibebankan kepada pelanggan, sehingga apabila pelanggan hendak mengembalikan produk pesanan, ia tidak perlu lagi membayar biaya tambahan.

“Era digital menuntut perusahaan asuransi beradaptasi dalam mengembangkan bisnis dan layanan, tidak terkecuali Allianz Utama. Kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Kami ingin terus hadir untuk memberikan ketenangan pikiran dan perlindungan yang mampu menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, serta menjadi salah satu perusahaan asuransi umum digital terdepan,” ungkap Peter.

Rangkaian inovasi yang dilakukan Allianz Utama diganjar Most Innovative Insurance Companies in Indonesia Award 2020 yang diadakan oleh Iconomics dengan kategori The Most Innovative Insurance Companies in Indonesia 2020.

Kemudian 9th Digital Brand Awards yang diselenggarakan oleh Infobank dengan Kategori 1st Rank Asuransi Umum Konvensional, Most Admired CEO 2020 dengan kategori General Insurance Outstanding Leadership in Developing the Potential of Market Segmentation for Insurance Coverage, serta Indonesia Best Insurance Award oleh Warta Ekonomi dengan kategori Innovative Insurance Company for Digital Collaboration.

Baca juga artikel terkait ALLIANZ

tirto.id - Marketing
Sumber: Siaran Pers
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH